Mencicipi Kelezatan Kuliner Khas Kota Udang

Makanan31 views

Cirebon, kota kecil di pesisir utara Jawa Barat ini menyimpan pesona luar biasa, terutama dari sisi kulinernya. Selain dikenal sebagai kota udang karena kekayaan hasil lautnya, Cirebon juga memiliki aneka pilihan kuliner lezat khas yang sayang untuk dilewatkan.

Makanan tradisional Cirebon terkenal akan cita rasanya yang otentik serta proses pembuatannya yang rumit dan detail. Mulai dari bumbu rempahnya yang sangat melimpah hingga teknik memasaknya yang khas membuat kuliner Cirebon begitu menggoda lidah.

Makanan khas Cirebon yang paling terkenal biasanya adalah yang pedas dan gurih. Meski begitu, pilihan makanan manis sebagai camilan juga tak kalah melegenda rasanya di kota ini. Beberapa di antaranya bahkan sudah sangat populer dan dicintai masyarakat luas, tidak hanya warga lokal Cirebon saja.

Sebagai salah satu destinasi favorit wisata kuliner, menjelajahi cita rasa otentik makanan khas Cirebon memang sudah sewajibnya masuk ke daftar aktivitas saat berkunjung ke kota yang juga dijuluki Kota Wali ini.

Lantas makanan apa saja sih yang wajib Anda coba saat berkunjung ke Cirebon? Berikut rekomendasi 5 makanan khas Cirebon beserta keistimewaan cita rasanya yang sayang untuk dilewatkan!

Cirebon dikenal sebagai kota udang karena kekayaan hasil lautnya, terutama udang. Selain itu, Cirebon juga memiliki beragam kuliner lezat khas yang sayang untuk dilewatkan jika berkunjung ke kota ini.

Berikut 5 makanan wajib dicoba saat berkunjung ke Cirebon yang saya rekomendasikan:

  • Nasi Jamblang

Nasi jamblang adalah nasi putih yang disajikan dengan berbagai lauk pauk, seperti tempe goreng, tahu goreng, timun, daun kemangi, ayam atau telur goreng, sambal cabe, dan kerupuk.

Hidangan ini sangat sederhana, namun rasanya luar biasa menggugah selera. Nasi jamblang paling nikmat disantap dengan tangan sambil duduk lesehan. Sensasi memakannya dengan tangan semakin menambah cita rasa khas makanan ini.

  • Empal Gentong

Empal gentong adalah hidangan khas Cirebon berupa sup daging sapi dengan kuah yang kental dan gurih. Bumbu rempah seperti pala, cengkih, jahe, lengkuas, dan merica digunakan dalam membuat kuahnya.

Selain daging sapi yang lembut, di dalam empal gentong juga terdapat potongan babat, hati, daging sandung lamur, daun bawang, dan tomat. Sensasi gurih dan pedas dari kuahnya sangat menggoda selera makan.

  • Tahu Gejrot

Tahu gejrot adalah tahu goreng yang dipotong menjadi bentuk persegi kemudian dicampur dengan bumbu kacang, kecap manis, cabai, dan bawang putih yang dihaluskan.

Perpaduan gurih, manis, dan pedas dari bumbu kacangnya sangat cocok dengan tahu. Tekstur tahu yang lembut berpadu dengan bumbu kacang yang kental dan pedas semakin menambah kelezatan makanan ini. Tahu gejrot sangat pas dinikmati sebagai camilan atau teman makan nasi.

  • Lemper

Makanan khas Cirebon satu ini terbuat dari beras ketan yang dibungkus dengan daun pisang dan diisi dengan gurihnya abon, sambal gonseng atau bumbu rujak pedas. Lemper menawarkan cita rasa gurih, manis, dan pedas sehingga menjadi makanan ringan favorit masyarakat Cirebon. Bisa dikonsumsi langsung atau dimasukkan ke dalam nasi timbel.

  • Docang

Docang adalah kudapan manis khas Cirebon yang bentuknya mirip klepon namun ukurannya lebih kecil. Isian docang biasanya parutan kelapa yang dimasak dengan gula merah.

Kulit luar docang terbuat dari tepung beras ketan yang diberi warna hijau sehingga makanan ini juga kerap disebut sebagai klepon ijo atau onde-onde.

Rasa legit dari isian gula merahnya dipadukan dengan gurihnya parutan kelapa sangat menggoda untuk terus melahapnya. Docang sangat cocok dinikmati untuk camilan atau pun kudapan saat santai minum teh.

Itulah rekomendasi 5 makanan khas Cirebon wajib coba saat berkunjung ke kota ini. Jangan lupa untuk mencicipi kelezatan khas tiap makanannya ya! Semoga kuliner khas Cirebon ini bisa memanjakan lidah Anda dengan cita rasa otentiknya.

News Feed