by

Manfaat Musik untuk Anak yang Harus Kamu Tahu

Selama di dalam kandungan, si kecil sudah dapat mendengar suara-suara. Misalnya seperti detak jantung ibu, suara sistem pencernaannya, hingga suara-suara anggota keluarga lainnya. Akan tetapi saat lahir serta mencapai usia tertentu, cocok dengan tahapan tumbuh kembang si anak, maka ia akan mulai bisa merespons dengan lebih jelas pada bunyi-bunyian. Seperti dari memperhatikan asal bunyi, meniru bunyi dengan suaranya sendiri, sampai menggerakkan tubuhnya sesuai dengan apa yang didengarkannya yang baru. Apabila anak sudah mulai merespons terhadap bunyi-bunyian, dan mungkin saat ini yang tepat untuk mengenalkan musik untuknya.

Manfaat Musik untuk Anak

Tidak hanya menjawab fenomena kesukaan anak pada bunyi-bunyian saja, namun mengenalkan musik untuk anak punya banyak manfaat untuk tumbuh kembang anak itu sendiri. Para ahli parenting anak juga telah membuktikannya namun apa saja manfaatnya? Ibu juga bisa praktikkan beberapa aktivitas berikut, serta temukan manfaatnya.

Menidurkan Anak dengan Musik

Tidak hanya bermain, namun ketika ibu tidak melakukan apa-apa dengan anak dan hanya memasang musik untuk latar belakangnya mungkin cara mudah untuk memperkuat hubungan antara ibu dan anak, hal ini juga diungkapkan Laurel Trainor, Ph.D selaku direktur McMaster Institute for Music and the Mind. Penelitiannya menunjukkan bahwa bergerak diiringi dengan musik, dapat mengakibatkan pelepasan oksitosin, kemudian hormon bonding yang juga dapat dihasilkan selama menyusui.

Bermain diiringi dengan Musik Anak-anak

Melalui menyanyikan lagu anak-anak untuk anak, ibu sebenarnya bisa membantu mereka tidak hanya membedakan suara dan juga nada saja, namun juga dapat mengidentifikasi pola suara tersebut serta dapat belajar melalui pengulangan.

Dengarkan Lagu Ceria Untuk Anak Ketika Bepergian

Mungkin dalam beberapa perjalanan pastinya akan membawa anak untuk ikut serta dalam perjalanan bisa menjadi salah satu tantangan tersendiri, apalagi jika ibu berada di balik kemudi kendaraan serta tidak dapat mendampingi di sisinya anak secara langsung. Ketika berada di dalam ruangan tertutup dalam beberapa waktu tertentu tanpa kegiatan apapun bisa membuat anak akan tidak sabaran ataupun rewel. Ketika mendengarkan musik dapat membantu mengangkat suasana hatinya dengan menjadi lebih baik. Ada juga beberapa penelitian yaitu menurut studi, saat orang merasakan emosi serta pengalaman yang tidak terlupakan tentang dengan mendengarkan lagu-lagu tertentu.

Ajak Anak Lomba Menari dengan Ibu

Dengan mengajak anak untuk bereaksi terhadap musik yang telah ibu putarkan. Namun ibu juga dapat memberi contoh terlebih dahulu serta mengajak anak mengikuti gerakan yang ibu lincah. Hampir mirip seperti rasa, tekstur, dan warna yang dapat membantu perkembangan sensorik pada anak, begitu pula sama halnya dengan musik, apalagi jika dikaitkan dengan aktivitas fisik seperti menari dengan anak dirumah.

Dengan mendengar musik pasti semua orang bahkan pada anak juga punya manfaat musik yang banyak seperti halnya pengajaran yang lainnya yang dilakukan oleh ibu, semoga informasi diatas bisa ibu terapkan di rumah bersama dengan anak bunda.

Ditambah lagi untuk mendukung stimulasi anak ibu juga perlu memastikan agar anak mendapatkan asupan nutrisi yang sangat cukup. Seperti memberikan anak DANCOW 1+ yang dilengkapi dengan Nutritods yaitu sebagai susu pertumbuhan anak untuk usia 1-3 tahun yang mengandung berbagai omega 3 (ALA), omega 6 (LA), protein, kalsium, vitamin (A, D, E, K, C), selenium, zink, Lactobacillus rhamnosus, serta serat pangan inulin.

News Feed