by

Manfaat dari Aspal yang Wajib Kalian Ketahui

Bagi Kalian yang tinggal di kawasan perkotaan pasti sudah tidak heran lagi dengan yang namanya jalan beraspal. Berkendara di jalan beraspal pun terasa lebih nyaman tanpa pernah menyadari apa sebenarnya fungsi aspal sehingga bisa memberikan Kalian kenyamanan ketika berkendara.

Apa Itu Aspal?

Beraneka ragam manfaat dari barang tambang dan salah satu contohnya merupakan minyak bumi yang dapat diolah menjadi aspal. Aspal sebenarnya berbentuk seperti cairan kental, berwarna hitam, bersifat melekatkan dan tahan terhadap air. Sebagai bahan hidro karbon, aspal sering digunakan sebagai bahan pengikat batu dan campuran lainnya untuk dimanfaatkan sebagai pelapis jalan. Terdapat tiga jenis aspal, yang pertama adalah aspal alami yang diambil dari aspal batu, aspal hasil distilasi minyak bumi yang merupakan jenis aspal paling banyak digunakan dan yang terakhir adalah aspal modifikasi.

Masing-masing jenis aspal memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing namun yang paling banyak digunakan saat ini adalah jenis aspal hasil distilasi minyak bumi karena memang pengaplikasiannya jauh lebih mudah, sementara aspal batu memiliki sumber yang terbatas dan aspal modifikasi harus melewati uji laboration terlebih dahulu untuk menghasilkan jenis aspal dengan tekstur yang tepat.

Manfaat Batu Aspal untuk Kehidupan Sehari-hari

Tidak hanya itu saja ada juga manfaat aspal lainnya yang sifatnya viskoelastis sangat cocok untuk menjadi bahan pelapis jalan, alasannya karena tidak akan merusak ban kendaraan dan juga menjadi jalan menjadi tahan lama.

Sebagai Bahan Pengikat Bebatuan

Fungsi utama dari aspal adalah sebagai pengikat bebatuan. Aspal memiliki sifat yang akan mencair jika dipanaskan dan ketika suhunya turun maka aspal akan otomatis mengeras. Aspal sebagai pengikat bebatuan memberikan banyak sekali keuntungan bagi pengguna jalan beraspal karena batu yang terlepas bisa sangat berbahaya dan tak hanya itu bisa merusak ban dan juga mesin mobil jika terkena. Namun hal tersebut kembali lagi dengan jenis kualitas aspalnya, serta ketebalannya karena aspal tipis tidak akan dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Mencegah Erosi Air pada Lapisan Aspal

Tidak sama seperti manfaat batu hexagon yang dapat memberikan kegunaan kesehatan, kegunaan batu aspal juga banyak untuk kehidupan sehari-hari. Dan salah satu sifat yang dipunyai dari aspal merupakan tahan air. Itu artinya penggunaan aspal pada jalanan juga bisa menjadi solusi untuk mencegah terjadinya erosi pada lapisan jalan akibat tergerus oleh air. Menggunakan aspal kualitas baik juga sama artinya dengan dapat menjaga kualitas jalan menjadi lebih tahan lama, mengurangi biaya perawatan serta perbaikan.

Berfungsi Sebagai Pengikat Aspal Lama dan Aspal Baru

Ketika sebuah jalan harus diperbaiki atau dilakukan penebalan itu artinya diperlukan lapisan aspal yang berfungsi sebagai pengikat aspal yang lama dan aspal yang baru. Itu artinya tidak perlu menghabiskan biaya tambahan untuk melebur aspal yang lama agar bisa ditimpa dengan aspal yang baru. Cukup lapisi saja dengan lapisan aspal sebelum ditimpa dengan campuran aspal yang baru.

Digunakan Sebagai Pondasi

Selain digunakan sebagai perekat atau pelapis jalanan sama halnya dengan manfaat batuan beku dalam, ternyata dunia konstruksi saat ini juga memanfaatkan aspal sebagai bahan pondasi bangunan. Dikarenakan kualitas aspal yang baik untuk merekatkan atau mengikat berbagai macam bahan bangunan sehingga tercipat pondasi bangunan yang tentunya sangat kuat. Kunci keberhasilan sebuah bangunan dimulai dari pondasinya, jika pondasinya sudah kuat maka tidak perlu khawatir lagi tentang kekuatan suatu bangunan.

Itulah informasi tentang Manfaat dari Aspal yang Wajib Kalian Ketahui Dan kalian juga bisa lihat jasa pengaspalan jalan di bekasi yang terpercaya. Semoga bermanfaat buat kalian semuanya.

News Feed