by

Macam-macam Resistor dan Penjelasannya

Salah satu komponen listrik adalah resistor. Komponen ini secara umum fungsinya untuk menghambat sebuah aliran listrik. Komponen ini cukup penting keberadaannya sehingga ketika Anda membongkar perangkat elektronik maka dapat mudah menemukan komponen tersebut. Resistor juga ada banyak jenisnya. Masing-masing resistor memiliki karakteristik yang berbeda. Berikut macam-macam dan pengertian resistor secara umum.

Macam-macam Resistor yang Perlu Anda Ketahui

Macam-macam resistor terbagi menjadi dua yaitu resistor tetap dan resistor tidak tetap. Berikut penjelasan masing-masing jenisnya.

  1. Resistor Tetap

Komponen dengan jenis ini mempunyai nilai resisten yang permanen atau tetap apabila kondisinya dalam keadaan baik. Komponen tersebut tidak dapat diubah-ubah. Biasanya nilai resistennya dituliskan dalam bentuk kode angka atau warna. Resistor jenis ini juga terdiri dari beberapa jenis. Hal ini perlu dibedakan karena bahan pembuatannya yang berbeda. Berikut Jenis serta pengertian resistor tetap :

  • Resistor Keramik

Anda pasti tahu mengenai bahan untuk membuat komponen ini dari nama yang digunakannya. Bahan dasarnya adalah keramik atau porselen yang dilapisi dengan kaca pada bagian luar. Seiring dengan berkembangnya zaman, ukuran dari komponen ini mengalami perubahan yang signifikan seperti bentuknya yang lebih kecil dan lebih efisien daripada resistor dengan jenis lain.

Saat ini, komponen tersebut banyak ditemukan di perangkat elektronik yang sering kita gunakan yaitu smartphone. Bentuknya yang sangat kecil mendukung untuk membuat gadget.

  • Resistor Kawat

Resistor yang pertama kali dibuat menggunakan bahan dasar kawat. Ukurannya besar dengan berbagai macam bentuk. Nilai hambatannya juga besar. Biasanya komponen ini digunakan pada arus yang panas dan kuat serta tegangan yang tinggi.

  • Resistor Film Karbon

Komponen ini dibuat dari batang karbon. Batang karbon tersebut digunakan pada bagian dalam dan dilapisi dengan film sebagai pelindung. Adanya pelindung ini untuk menghindari adanya pengaruh luar yang mengganggu keseimbangan resistor. Kelebihan dari komponen ini yaitu dapat memberikan nilai toleransi dan kepekaan suhu yang rendah,

  • Resistor Batang Karbon

Komponen ini merupakan dasar dari resistor film karbon. Jarang sekali yang menggunakan komponen ini karena dinilai kurang baik kinerjanya dibanding komponen lain keluaran terbaru. Oleh karena itu, sudah cukup sulit menemukan komponen tersebut.

  • Resistor Film Metal

Banyak orang yang bilang bahwa bentuk komponen ini hampir sama dengan resistor film karbon. Hal yang membedakannya apabila dilihat hanya dari warna saja. Tapi komponen ini tidak bisa disamakan dengan yang lain karena memiliki ketelitian yang lebih tinggi. Komponen ini sering digunakan pada multimeter.

  1. Resistor Tidak Tetap

Terdapat beberapa jenis komponen ini. Berikut macam-macam resistor tidak tetap.

  • LDR (Light Dependent Resistor)

Komponen ini penggunaanya dipengaruhi oleh intensitas cahaya. Oleh karena itu, komponen ini digunakan pada lampu otomatis.

  • Thermistor

Komponen ini dipengaruhi oleh suku. Terdapat 2 macam komponen ini yaitu NCT dan thermistor PTC.

  • Preset Resistor

Komponen ini sering disebut dengan trimpot. Fungsinya hampir sama dengan potensiometer. Pembedanya adalah ukurannya yang lebih kecil dan tidak disertai tuas.

  • Rheostat

Komponen ini dapat digunakan di arus dan tegangan tinggi. Komponen ini dibuat dari kawat ulir yang resitif dan diameternya besar.

  • Potensiometer

Komponen ini digunakan di AM atau FM tuner dan sejenisnya. Nilai resistensinya dapat diubah dengan memutar tuas.

Macam-macam resistor di atas dapat Anda jadikan sebagai tambahan pengetahuan baru di dunia elektro. Banyak informasi tentang komponen ini yang masih dapat Anda gali lebih dalam lagi.

News Feed