by

Kelebihan dan Kekurangan Paid Promote

Semula berawal dari para pelaku usaha yang mengirimkan produk mereka ke artis ataupun influencer, dengan imbalan akan mempromosikan produk tersebut di social media mereka. Tapi karena tren itu semakin populer, lahirlah promosi berbayar dimana kamu sebagai pelaku usaha harus membayar akun dengan engagement yang tinggi untuk mempromosikan produkmu. Dengan harapan followers mereka akan tertarik membeli produk yang kamu tawarkan. Lalu, apa aja sih kelebihan dan kekurangan dari paid promote?

Kelebihan & Kekurangan Paid Promote

Benarkah paid promote itu menguntungkan? Pasti banyak di antara kamu yang bertanya-tanya. Seperti strategi promosi lainnya, promosi berbayar ini juga memiliki kelebihan kekurangan paid promote masing-masing.

KELEBIHAN

1. Menjangkau Lebih Banyak Audiens

Biasanya untuk paid promote cenderung menggunakan akun publik dengan angka followers yang tinggi, seperti tahilalat, dagelan, hai_online, cewekbanget.id, dan lain-lain. Jadi kamu akan mendapatkan target audiens yang lebih luas dan lebih banyak dari berbagai daerah.

2. Lebih Murah dan Efektif

Jika dibandingkan denganinstagramads dan endorsement, paid promote tergolong yang paling murah. Selain harganya yang terjangkau, promosi ini pun efektif meningkatkan engagement kamu. Efektif karena jika konten akun tersebut memiliki engagement yang baik, maka besar kemungkinannya konten tersebut akan masuk ke explore instagram sehingga tidak hanya followers akun tersebut yang melihatnya.

3. Tidak Wajib Mengirimkan Produk

Kamu ga perlu mengirimkan produk karena semua konten promosi ini berasal dari pelaku usaha. Jadi biaya pengiriman dan biaya produk tidak menjadi beban tambahan, cukup membayar biaya paid promote yang telah disepakati, kamu bisa mempromosikan produk terbaikmu.

4. Lebih Mudah dan Terkontrol

Bagian terbaiknya adalah akun pilihanmu akan mudah untuk post konten produk, dengan begitu tidak akan ada istilah ‘telat post’. Permasalahan yang sering muncul ketika seseorang melakukan endorsement adalah influencer telat post karena harus membuat konten terlebih dahulu, tapi tidak dengan paid promote.

KEKURANGAN

1. Kurang Interaktif 

Walaupun banyak manfaatnya, ternyata promosi ini juga memiliki kekurangan. Biasanya konten yang berasal dari pelaku usaha cenderung kaku dan tidak menarik. Berbeda dengan endorsement yang interaktif karena terkesan influencer itu sendiri yang menawarkan suatu produk.

Untuk itu kamu bisa mengantisipasinya dengan membuat video dan menggunakan copywriting yang interaktif dan menarik.

2. Konten Yang Tidak Sesuai

Untuk berhasil mendapatkan engagement yang tinggi, kamu harus tepat memilih akun yang cocok dengan produkmu. Karena harganya yang terjangkau, kamu bisa melakukan promosi di beberapa akun yang berbeda dengan jumlah dan target audiens yang berbeda.

Tanpa perlu lelah mencari daftar akun dengan engagement tinggi, kamu bisa menggunakan paid promote dengan akun afiliasi kompas di sini. Semua akun memiliki target audiens yang beragam, bisa kamu sesuaikan dengan produk yang akan ditawarkan.