Ini Dia, Cara Menguncir Rambut yang Tepat Agar Kondisinya Tetap Terjaga dan Bersih

Gaya Hidup30 views

Disadari atau tidak, sebagian perempuan tidak terlalu peduli cara menguncir rambut yang dilakukan sehari-hari. Kebanyakan orang hanya menginginkan kuncir rambut yang sederhana, cepat, dan membuat penampilan terlihat rapi. Padahal, menguncir rambut dengan kebiasaan yang salah berpotensi merusak keindahan dan kesehatan rambutmu, lho. Nah untuk kamu yang masih kesusahan memilih ikat rambut kamu bisa mengunjungi https://declip.id agar bisa melihat ikat rambut yang kamu suka.

Akibat dari kebiasaan ini biasanya baru disadari saat rambut mulai sering mengalami rontok dan tampilannya tidak secantik sebelumnya. Di artikel ini, Kamu akan menemukan berbagai informasi dan tips menguncir rambut tanpa merusak kondisinya. Yuk, cari tahu!

Cara Menguncir Rambut Agar Tidak Membekas dan Merusak Kondisi

Setelah mengetahui kesalahan yang tanpa disadari sering Kamu lakukan saat membuat kuncir rambut pendek maupun panjang, tentu Kamu harus lebih berhati-hati saat mengikat rambut di kemudian hari. Supaya tidak mengulangi kesalahan yang sama, yuk simak cara menguncir rambut yang tepat di bawah ini!

1. Memilih Ikat Rambut

Tips cara menguncir rambut yang tepat salah satunya bisa dilakukan dengan lebih berhati-hati memilih bahan ikatan rambut. Dalam hal ini, Kamu disarankan menguncir rambut dengan ikatan berbahan kain. Selain lebih lembut, ikat rambut berbahan kain juga tidak akan membuat rambut terlalu tertarik. Alhasil, rambut tidak akan rontok dan kusut saat Kamu melepas ikatannya. Agar kondisi rambut lebih terjaga, sebaiknya pilih juga ikatan rambut dari bahan kain yang lembut. 

2. Mengendorkan Kuncir Rambut

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu akibat menguncir rambut terlalu sering adalah rambut yang kesulitan bernapas dan melakukan regenerasi. Apabila Kamu memang harus menguncir rambut saat beraktivitas setiap hari, pastikan untuk selalu membuat ikatan bermodel longgar. Kamu hanya perlu mengencangkan ikatan saat melakukan aktivitas yang menuntut banyak bergerak. Sementara untuk pergi ke kantor atau jalan-jalan bersama teman, ikat rambut dengan longgar hanya untuk membuatnya rapi saja. 

3. Menyisir Rambut Sebelum Membuat Kunciran

Salah satu alasan wanita gemar menguncir rambut adalah untuk mendapatkan tampilan rapi dan tertata secara cepat. Tak jarang, beberapa orang sengaja menguncir rambut saat malas bersisir atau merapikannya. Padahal, hal ini sebaiknya tidak dilakukan, lho. Saat dikuncir, rambut secara otomatis akan menjadi mudah kusut. Membiarkan rambut berantakan sebelum menguncirnya justru berpotensi menambah kekusutan tersebut. Sebaliknya, Kamu justru disarankan terlebih dahulu menyisir rambut dan memastikan tidak ada bagian yang kusut sebelum mengikatnya. Dengan begitu, kondisi rambut akan lebih terjaga saat Kamu melepasnya nanti. 

4. Lepas Ikatan Saat Rambut Berkeringat

Setelah beraktivitas, khususnya di cuaca panas, kulit kepala secara otomatis akan berkeringat. Saat hal itu terjadi, banyak orang cenderung justru mengeratkan ikatan untuk menghilangkan rasa gerah yang muncul. Padahal, di saat rambut dan kulit kepala mulai berkeringat, Kamu sebaiknya segera melepaskan ikatan sejenak. Selain menghindari bau tak sedap yang mungkin muncul, menggerai rambut saat berkeringat juga akan mengurangi risiko kelepekan. 

5. Imbangi Kebiasaan Menguncir Rambut dengan Perawatan Rutin

Setelah mengetahui berbagai cara menguncir rambut yang tepat agar tidak merusak kondisi dan kesehatannya, Kamu juga harus selalu mengimbangi kebiasaan mengikat rambut dengan perawatan teratur. Semakin sering Kamu menguncir rambut dalam keseharian, harus semakin intensif pula perawatan yang Kamu lakukan.

Untuk mengurangi risiko rambut kusut akibat terlalu sering dikuncir, selalu gunakan shampo dan kondisioner yang memiliki manfaat melembutkan rambut seperti sampo. Dirancang dengan kandungan utama keratin dan argan oil, dapat membuatmu mendapatkan manfaat rambut lembut dalam satu kali keramas. Rambut pun menjadi tidak kering, tidak kusut, mudah diatur, berkilau, dan tampak lebih lurus. Selain itu, gunakan juga masker rambut setidaknya 1-2 minggu sekali untuk mengurangi risiko rambut kering akibat terlalu sering dikuncir.