by

Dokter Kandungan Jakarta Selatan: Tips Memilih Dokter Kandungan yang Tepat

Mendapatkan kehamilan buah hati bagi pasangan yang sudah menikah tentu merupakan salah satu hadiah yang paling ditunggu-tunggu. Saat mengetahui kondisi sudah hamil, menjaga janin dalam kandungan tumbuh dengan baik hingga sembilan bulan lebih sampai kelahiran menjadi tanggung jawab bersama. Baik istri maupun suami perlu bekerjasama agar bayi dalam kandungan tumbuh dengan sehat. Selain menjaga kesehatan dan tumbuh kembang bayi dengan berbagai asupan makanan yang bergizi, ibu hamil juga harus rutin memeriksakan kandungan ke dokter. Bagi yang baru pertama kali mendapatkan anugerah hamil, tentu mencari dokter kandungan terbaik memiliki kesulitan tersendiri. Terlebih banyak dokter kandungan Jakarta Selatan maupun di kota-kota besar lainnya, sehingga mencari salah satu yang sesuai sebagai rujukan untuk memeriksakan kandungan cukup susah-susah gampang.

Janin dalam kandungan berhak mendapatkan segala hal yang terbaik sebelum dia lahir, sehingga dalam memilih dokter kandungan jangan dilakukan secara asal. Dalam mencari dan memilih dokter spesialis kandungan yang terbaik, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan, yaitu:

  • Cari referensi dokter kandungan dari keluarga atau teman.

Sat ini banyak kita temukan dokter kandungan Jakarta Selatan maupun di kota-kota lainnya. Agar mendapatkan pilihan yang tepat, tidak ada salahnya Anda mencari referensi dari teman atau keluarga yang pernah memiliki pengalaman ditangani oleh dokter kandungan. Biasanya ulasan dari mereka yang pernah memiliki pengalaman akan lebih jujur.

  • Lihat komitmen kehadiran persalinan.

Dokter kandungan yang baik adalah yang terus mendampingi pasiennya dari awal sampai akhir, termasuk berkomitmen untuk membantu proses kelahiran kapanpun waktunya. Sebaiknya hindari memilih dokter kandungan dengan jam kehadiran yang cukup ketat.

  • Perhatikan kebijakan dokter kandungan.

Cari tahun informasi terkait kebijakan yang sedang pro di kalangan dokter kandungan. Anda bisa membahas hal tersebut dan memperhatikan jawaban yang diberikan oleh dokter tersebut. Hal ini untuk mengetahui arah kebijakan yang dokter kandungan tersebut.

  • Pilih gender dokter kandungan yang sesuai dengan keputusan bersama.

Dokter kandungan wanita umumnya banyak dipilih oleh wanita karena dinilai bisa lebih memahami kebutuhan mereka. Selain itu beberapa juga memiliki maksud tersendiri, seperti menjaga prinsip agama.

  • Cari tahu kredibilitas dokter kandungan yang bersangkutan.

Dalam memilih dokter kandungan, Anda bisa mempertimbangkan latar belakang yang bersangkutan. Mulai dari latar belakang pendidikan, akreditasi universitasnya, dan riwayat karirnya. Anda juga perlu memastikan dokter kandungan tersebut sudah terdaftar di IDI (Ikatan Dokter Indonesia).

  • Pertimbangkan jam terbang dokter kandungan yang bersangkutan.

Dokter yang berpengalaman tentu akan lebih baik dalam melayani pasiennya. Maka dari itu pengalaman bisa menjadi pertimbangan dalam memilih dokter kandungan yang terbaik. Selain itu pertimbangkan juga reputasi dokter tersebut.

  • Perhatikan sikap dokter kandungan.

Entah Anda memilih dokter kandungan Jakarta Selatan maupun dokter kandungan siapapun, pertimbangkan dokter kandungan yang memiliki tata karma dan kepedulian yang tinggi. Dokter yang memiliki sikap hangat dan peduli tinggi, tentunya akan membuat nyaman dan mampu meyakinkan pasiennya untuk tidak cemas selama persalinan. Maka dari itu, pilih dokter kandungan yang sesuai dengan kepribadian Anda.

  • Pertimbangkan kualitas layanan dan fasilitas rumah sakit.

Sebagus apapun dokter kandungan yang Anda pilih, akan kurang optimal jika tidak didukung dengan kualitas pelayanan dan fasilitas rumah sakit yang memadai tempat dokter tersebut bekerja. Hal ini perlu Anda pertimbangkan dengan baik-baik.

News Feed