by

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Benar

Mendapat pekerjaan yang diinginkan tentunya bukanlah hal mudah. Tidak semua orang bisa mendapatkan pekerjaan pilihan tanpa harus repot-repot untuk melamar. Banyak sekali hal-hal yang harus disiapkan untuk melamar pekerjaan. Salah satunya surat lamaran. Tak heran, banyak sekali masyarakat yang mencari contoh surat lamaran kerja sebagai referensi.

Meskipun begitu, tidak semua lamaran yang diajukan akan diterima oleh pihak perusahaan. Hal tersebut seringkali jadi pemicu rasa khawatir para pelamar kerja. Namun, Anda bisa mengatasi hal tersebut dengan memaksimalkan segala kemampuan Anda untuk menarik perhatian perusahaan. Begitu pun dari surat lamaran, buatlah sebaik mungkin dan buat sesuai dengan standar umum. Sisipkan berkas-berkas pendukung kemampuan agar lebih meyakinkan.

Tips Membuat Surat Lamaran Pekerjaan

Bagi sebagian orang, pastinya membuat surat lamaran pekerjaan adalah hal mudah. Terlebih bagi orang-orang yang sudah sering membuatnya. Namun, bagi beberapa orang terlebih yang baru saja akan melamar pekerjaan, contoh surat lamaran kerja yang relevan akan sangat membantu. Sebelum membuat surat lamaran, pastikan untuk memerhatikan beberapa hal berikut terlebih dahulu untuk memaksimalkan surat lamaran Anda. Apa sajakah itu?

  1. Gunakan tulisan atau bahasa Indonesia yang benar dan sesuai dengan pedoman. Kata-katanya sopan serta tidak menggunakan bahasa gaul.
  2. Pastikan kalimat yang digunakan tidak bertele-bertele agar pihak perusahaan langsung mengetahui apa maksud dan tujuan Anda. Gunakan gaya bahasa resmi atau formal pasalnya Anda akan mengirimkan surat lamaran tersebut ke perusahaan yang sifatnya pun resmi.
  3. Sesuaikan dengan format standar penulisan surat lamaran pekerjaan.
  4. Anda bisa menggunakan surat lamaran kerja tulis tangan jika memungkinkan, sekaligus agar pihak perusahaan bisa menilai tulisan tangan. Pastikan untuk menulisnya dengan sangat rapi dan hindari coretan. Jika tidak, atau proses melamar dilakukan secara online, maka ketik dengan rapi.
  5. Cantumkan keterangan lampiran pendukung apa saja yang Anda lampirkan selain surat lamaran tersebut untuk pertimbangan.

Struktur Surat Lamaran Kerja

Jika Anda sudah memerhatikan beberapa tips membuat surat lamaran kerja, lantas bagaimana struktur lengkap atau struktur yang benarnya? Berikut adalah struktur contoh surat lamaran kerja yang sesuai.

  1. Keterangan Data

Dimulai dengan menuliskan keterangan data. Keterangan ini merupakan bagian awal yang bisa ditulis, dimulai dengan tempat dan tanggal serta tujuan surat tersebut disampaikan. Contohnya:

Jakarta, 17 Agustus 2020

Kepada YTH,

Tim HRD PT…..

Di Tempat

  1. Salam Hormat

Setelah Anda menuliskan bagian awal seperti di atas, maka lanjutkan dengan menulis ungkapan salam hormat sebagai pembuka surat. Anda bisa menggunakan ungkapan “Disertai salam dan hormat” atau ungkapan lain yang relevan.

  1. Kata Pengantar dan Isi

Selanjutnya, buat kata pengantar sebagai pembuka percakapan yang menyampaikan maksud serta tujuan Anda. Biasanya, bagian kata pengantar akan menyambung dengan isi. Di bagian ini, Anda menyebutkan nama dan identitas, memberi informasi bahwa Anda menemukan lowongan pekerjaan melalui apa, dan apa niat Anda mengirimkan surat tersebut.

  1. Pengalaman Kerja dan Skill

Kebanyakan orang yang melamar kerja hanya akan membuat struktur pembuka dan isi berupa maksud/tujuan, lalu menyampaikan informasi lampiran apa saja yang disertakan. Ada salah satu contoh surat lamaran kerja yang cukup menarik, di mana Anda bisa menyisipkan pengalaman kerja dan skill pada bagian isi. Misalnya, Anda bisa jelaskan pengalaman apa saja yang sudah dimiliki serta kemampuan apa saja yang menunjang Anda di posisi pekerjaan yang Anda lamar. Ini bisa semakin menarik perhatian perusahaan dan jadi kesan lebih di awal.

  1. Penutup

Setelah Anda menuliskan beberapa bagian tersebut, tak lupa menyampaikan lampiran apa saja yang ada, sampaikanlah penutup surat. Anda bisa mengucapkan terima kasih, menyantumkan harapan-harapan agar diterima, dan sebagainya. Hindari penutup yang berbelit dan “tanggung”, dan tutup dengan salam kembali.

Nah, itulah ulasan lengkap membuat surat lamaran pekerjaan. Banyak sekali contoh surat lamaran kerja yang bisa Anda pilih. Namun, pastikan Anda membuatnya sesuai gaya bahasa Anda sendiri agar terkesan lebih natural dan tidak dipaksakan.

News Feed