by

Berbagai Cara Mudah untuk Cek Tagihan PDAM

Selain membayar listrik tiap bulan, salah satu hal yang tidak boleh Anda lupakan yaitu membayar cek tagihan PDAM. PDAM atau Perusahaan Daerah Air Minum ini merupakan sebuah perusahaan yang bertugas untuk menyalurkan air bersih untuk masyarakat. PDAM ini tersedia di tiap provinsi, kabupaten, dan juga kotamadya di seluruh Indonesia. Perusahaan ini dikelola oleh negara yang dalam pengawasannya dilakukan oleh para aparat eksekutif dan legislatif daerah. Bagi Anda yang berlangganan air dari PDAM ini pastinya harus rutin melakukan pembayaran tiap bulan, dan untuk Anda yang belum mengetahui cara pembayarannya langsung simak ulasannya di bawah ini.

Cari Tahu Bagaimana Cara Cek Tagihan PDAM dengan Mudah

Air merupakan kebutuhan vital manusia yang diperlukan setiap hari. Air digunakan untuk minum, mencuci, mandi, dan lainnya sehingga tanpa air sudah pasti kita akan kebingungan. Nah, karena fungsi air yang penting dalam kehidupan sehari-hari ini pastinya Anda membutuhkan air dalam jumlah yang banyak. Namun, walaupun Anda membutuhkan air dalam jumlah yang banyak, bukan berarti Anda bisa menggunakannya tanpa kontrol karena jika ini terjadi sudah pasti tagihan PDAM akan membengkak.

Agar tagihan PDAM tidak membengkak, Anda bisa mengontrolnya dengan memasang meteran air. Akan tetapi, Anda harus tahu dulu kategori langganan air PDAM-nya karena tarif air memiliki harga yang bervariasi sesuai dengan kategorinya. Namun, selain menghitung manual menggunakan meteran air kini sudah ada cara lain yang lebih mudah untuk mengecek tagihan air yaitu melakukan pengecekan secara online. Kemajuan teknologi yang menghadirkan internet ini pasti akan sangat memudahkan kita karena tidak perlu menghitung secara manual bahkan tagihannya bisa dicek melalui smartphone.

  • Melalui Situs Resmi PDAM

Untuk melakukan pengecekan secara online cukup dengan masuk ke situs layanan pembayaran PDAM atau menggunakan aplikasi di smartphone. Untuk langkah-langkahnya Anda bisa langsung mengikuti tutorial di bawah ini.

  1. Bukalah website atau aplikasi layanan pembayaran PDAM online.
  2. Pilih tagihan air PDAM.
  3. Masukkan nama perusahaan dan wilayah PDAM Anda.
  4. Masukkan nomor pelanggan kemudian klik Tagihan.
  5. Cek secara detail tagihannya.
  6. Klik Bayar Tagihan jika ingin langsung membayar dan yang perlu diingat adalah pembayaran tidak bisa dilakukan pada jam 23.00 sampai 01.00.
  • Melalui Aplikasi Blibli

Jika Anda berencana membayar menggunakan aplikasi dan mungkin masih bingung untuk melakukannya, langsung saja ikuti langkah-langkah pembayaran tagihan PDAM melalui aplikasi Blibli di bawah ini.

  1. Masuk ke Blibli, bisa melalui website atau aplikasi.
  2. Pilih menu “Semua” yang ada di halaman utama.
  3. Pilih “Tagihan Air”.
  4. Pilih “Penyedia” kemudian masukkan nomor pelanggan Anda.
  5. Klik “Lihat Tagihan” dan lakukan pembayaran.

Selain menggunakan kedua cara di atas, ternyata pengecekan tagihan PDAM juga bisa dilakukan berdasarkan domisili Anda, untuk caranya seperti yang ada di bawah ini.

  • Cek tagihan PDAM Jakarta

  1. Buka halaman resmi PDAM Jakarta dengan alamat pamjaya.co.ic/id/customer-info/bill-simulation.
  2. Pilih kelompok tarif dan ukuran meteran airnya.
  3. Masukkan penggunaan air per meter kubiknya.
  4. Klik hitung.
  • Cara cek tagihan PDAM Bogor

  1. Buka website resmi PDAM Bogor di alamat pdamkotabogor.go.id/thepelgn/index.php?p-simulasi.
  2. Pilih tarif.
  3. Pilih stand meter bulan lalu dan bulan ini.
  4. Klik “Proses”.
  • Cara cek tagihan PDAM Depok

  1. Buka alamat resmi PDAM Kota Depok dengan alamat pdamdepok.co.id/informasi-edukasi/simulasi-tagihan.
  2. Pilih kategorinya.
  3. Masukkan diameternya.
  4. Masukkan penggunaan air tiap meter kubik.
  5. Klik “Hitung”.
  • Cara cek tagihan PDAM Tangerang

  1. Buka website PDAM Tangerang di pdamtirtabenteng.co.id/info-tagihan
  2. Masukkan nomor sambungan pelanggan dan nama pelanggannya.
  3. Klik “Cek”.
  • Cara cek tagihan PDAM Bekasi

  1. Buka situs PDAM Kota Bekasi di alamat tirtabhagasasi.co.id.
  2. Cari tulisan “Klik di sini” untuk mengecek tagihannya.
  3. Masukkan nomor pelanggan dan klik “Cari”.

Pastikan Anda melakukan pembayaran PDAM tepat waktu karena jika telat melakukan pembayaran maka penyaluran air ke rumah Anda akan diputus. Nah, untuk batas akhir pembayaran tagihan air PDAM adalah tanggal 25 tiap bulannya.

Keuntungan Cek Tagihan PDAM Secara Online

Kehadiran internet memang sangat memudahkan hampir semua urusan kita mulai dari pendidikan, belanja, hingga cek tagihan PDAM. Selain urusan jadi lebih mudah, berkat internet kita pun jadi lebih cepat mengerjakan pekerjaan kita bahkan bisa dilakukan darimana saja. Nah, jika Anda ingin proses pembayaran air PDAM jadi lebih mudah juga, pastinya harus mencoba pembayaran tagihan secara online karena ada banyak keuntungan yang bisa Anda rasakan seperti yang ada di bawah ini.

  1. Metode Pembayaran Paling Aman

Sebelum ada metode pembayaran online, tiap membayar tagihan PDAM pastinya Anda harus pergi ke tempat pembayaran PDAM sambil membawa sejumlah uang. Keberadaan uang yang Anda bawa ini jika tidak disimpan secara hati-hati bisa menjadi sasaran tindak kejahatan yang bisa mengancam nyawa Anda. Mengerikan sekali, bukan? Nah, dengan adanya metode pembayaran online ini pastinya hal-hal semacam itu bisa dihindari karena pembayaran online bisa dilakukan dari rumah. Bahkan dengan membayar secara online, Anda pun tak perlu bergelut dengan kemacetan di jalanan lagi.

  1. Pembayaran Tanpa Biaya Tambahan

Ketika melakukan pembayaran langsung ke tempat pembayaran tagihan PDAM biasanya akan dipungut biaya administrasi, bukan? Walaupun biaya administrasi ini hanya beberapa ribu saja, namun jika biaya ini tidak ada pastinya juga akan membuat Anda menghemat uang. Nah, di pembayaran cek tagihan PDAM secara online tidak ada lagi biaya administrasi sehingga Anda bisa menabung uang yang seharusnya dipakai untuk membayar biaya administrasi.

  1. Pembayaran Bisa Dilakukan darimana Saja

Dikarenakan dalam metode pembayaran online ini yang dibutuhkan hanya koneksi internet, ponsel atau komputer, maka Anda bisa melakukan pembayaran darimana saja bahkan sambil rebahan di kamar. Dengan berbagai kemudahan yang sudah diberikan ini pastikan Anda tidak telat membayar tagihannya, ya.

  1. Bisa Dilakukan Kapanpun

Selain bisa dilaksanakan dari mana saja, pembayaran secara online ini juga membuat Anda bisa melakukannya kapan saja karena sistem pembayaran online ini berlaku selama 24 jam. Dengan sistem yang sangat fleksibel ini bahkan pembayaran di tengah malam pun bisa dilakukan.

Cara Menghemat Penggunaan Air PDAM

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, air merupakan kebutuhan vital dalam kehidupan manusia yang dibutuhkan setiap hari. Air bisa didapatkan dari beberapa sumber seperti dari sumur maupun dari PDAM. Nah, bagi Anda yang berlangganan PDAM sudah pasti tiap bulan harus membayar tagihannya. Bicara tentang tagihan PDAM, mungkin banyak dari kita yang merasa khawatir tiap bulan karena takut tagihannya membengkak. Nah, jika Anda adalah salah satu yang selalu merasa khawatir dengan tagihan PDAM, sebaiknya ikuti tips menghemat tagihan air PDAM di bawah ini.

  1. Matikan Kran Saat Cuci Muka

Mungkin sebagian dari Anda yang masih sering membiarkan keran tetap menyala saat sedang mencuci. Padahal kebiasaan tersebut tidak baik apalagi jika Anda tinggal di wilayah perkotaan yang notabene menggunakan air PDAM. Agar menghemat penggunaan air maka sebaiknya Anda harus segera menghentikan kebiasaan tersebut.

Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan ternyata ketika Anda membiarkan keran tetap menyala selama sikat gigi dan cuci muka, Anda sudah membuang air sebanyak 10 liter per menitnya! Wah, pastinya sudah terbayang kira-kira berapa banyak uang yang sudah Anda buang sia-sia, bukan?

  1. Pakai Tombol Flush Toilet Sesuai Kebutuhan

Pada toilet duduk biasanya terdapat dua jenis tombol flush dan ternyata kedua jenis tombol flush tersebut memiliki fungsi yang berbeda. Untuk tombol yang besar mampu mengeluarkan air sekitar 6 hingga 9 liter sementara untuk tombol yang kecil mengeluarkan air antara 3 hingga 4.5 liter. Dengan mengetahui hal ini, Anda bisa menggunakannya kedua tombol tersebut secara lebih bijak.

  1. Kurangi Waktu Mandi Selama 2 Menit

Kebutuhan air di rumah tangga ternyata ¼ nya digunakan untuk kebutuhan mandi dan ternyata dengan memotong waktu mandi selama 2 menit mampu menghemat air hingga 30%. Nah, untuk memudahkan Anda menghitung durasi mandi bisa menggunakan timer atau mainkan lagu favorit Anda untuk mengetahui kapan harus selesai mandi.

  1. Cek Apakah Ada Kebocoran Air

Kebocoran air di kloset walaupun hanya sedikit ternyata bisa membuat Anda kehilangan sekitar 9.000 liter per tahun. Nah, untuk mencegah terjadinya hal ini sebaiknya lakukan pengecekan pada kloset Anda. Pengecekan bisa dilakukan dengan cara meletakkan tisu pada bagian bawah tepi belakang kloset, namun pastikan bahwa kloset sebelumnya dalam keadaan kering. Nah, jika ternyata tisunya basah, maka terjadi kebocoran di sana dan Anda harus segera memperbaikinya.

  1. Beralih Lah dari Bak Mandi ke Shower

Dengan beralih dari bak mandi ke shower ternyata bisa membuat Anda menghemat hingga 20.000 liter per tahun. Namun, saat memilih shower tetap pastikan untuk mengecek laju aliran airnya karena hal ini juga berpengaruh pada tagihan airnya.

  1. Cuci Sayuran Menggunakan Wadah

Sama halnya dengan membiarkan air tetap menyala saat cuci muka dan sikat gigi, ternyata mencuci sayuran di air mengalir bisa membuat Anda kehilangan air hingga 10 liter tiap menitnya. Maka dari itu, sebaiknya cucilah sayuran di dalam sebuah wadah.

  1. Pilih Mesin Cuci Hemat Air

Saat membeli mesin cuci, pastikan bahwa mesin cucinya hemat air dan listrik. Nah, biasanya jenis mesin cuci yang hemat air dan listrik adalah mesin cuci front loading. Walaupun secara harga memang lebih mahal, namun hal ini sebanding dengan kelebihannya yang lebih hemat listrik dan air. Nah, saat Anda mencuci menggunakan mesin cuci sebaiknya kumpulkan cucian dulu hingga memenuhi kapasitas maksimal mesin cuci. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menghemat air, namun tetap pastikan cucian Anda tidak melebihi kapasitas mesin cucinya.

Nah, itulah beberapa informasi tentang cek tagihan PDAM yang bisa Anda gunakan sebagai tambahan informasi. Agar pengeluaran PDAM tidak membengkak setiap bulannya, pastikan untuk mengikuti beberapa tips yang sudah dijelaskan di atas. Selamat mencoba!

News Feed