Beragam Alasan Busi Menjadi Salah Satu Komponen Penting Pada Mobil

Bisnis34 views

Di dalam mobil terdapat banyak sekali komponen, ada komponen yang berukuran kecil sampai besar. Bahkan sering ditemukan ada ukuran komponen besar tetapi fungsinya tidak terlalu penting, tetapi ada juga komponen kecil dengan ukuran beberapa centimeter saja tetapi fungsinya sangat besar pada kendaraan roda empat. Bahkan banyak yang mengatakan bahwa busi merupakan jantungnya mobil karena tanpa adanya komponen satu ini maka mesint tidak akan bisa menyala sama sekali. Mengingat pentingnya komponen ini, maka menjadi hal yang wajib bagi para pemilik kendraan untuk selalu mengeceknya agar kerjanya terus optimal. Berikut ini ada 4 alasan mengapa busi menjadi komponen yang penting pada mobil.

Sebagai penghasil listrik

Alasan pertama karena busi bisa menjadi penghasil listrik sehingga mesin mobil bisa langsung menyala. Untuk mengetahui kualitas dari busi maka bisa cek percikan api yang dihasilkan ketika busi didekatkan dengan bahan logam saat mesin menyala. Percikan tersebut tentunya berasal dari temperatur atau suhu yang terjadi karena pembentukan listrik. Hal tersebut menunjukkan bahwa busi masih bagus karena masih dapat menghasilkan listrik. Melihat peran busi sebagai penghasil listrik maka jika busi bermasalah tentu akan terjadi masalah dalam menyalakan mesin.

Membakar bensin

Fungsi berikutnya dari busi sehingga masuk dalam komponen yang penting adalah bisa membakar bensin yang telah dikompres dari bagian piston. Dengan hasil pembakaran tersebut, maka mesin akan menyala dengan sangat mudah, tetapi jika busi dalam masalah maka biasanya akan susah menyalakan mobil karena pembakaran menjadi tersendat.

Cadangan aki

Jika aki sudah mulai menurun maka busi bisa menggantikan fungsi dari aki yaitu menyimpan cadangan listrik tetapi hal ini bisa dimanfaatkan dalam keadaan darurat saja. Saat aki sudah soak, maka untuk menyalakan mesin bisa menyambungkan elektroda busi ke bagian koil pengapian sehingga muncul aliran listrik dengan besaran tertentu. Jangan lakukan ini terlalu sering karena bisa membuat beban kerja busi menjadi lebih besar sehingga mudah sekali rusak. Sebaiknya jika sudah terlihat masalah pada aki, maka bisa langsung ganti dengan yang baru.

Membuat mesin terus stabil

Jika busi dalam keadaan bagus maka bisa membuat mesin terus stabil dan juga menjaga sistem kelistrikan dengan optimal. Jadi ada baiknya untuk tidak lupa mengganti busi jika usia pakai sudah hampir habis, biasanya seteleh menempuh jarak 60 ribu sampai 80 ribu kilometer.

Beberapa penjelasan diatas sudah cukup menunjukkan peran penting dari busi. Maka itu bagi yang mau beli kendaraan bekas dengan kondisi busi yang masih bagus, tentu bisa cek aplikasi mobbi. Salah satu aplikasi jual beli terbaik yang ada sekarang dan bisa dimanfaatkan semua orang. Apalagi harga mobil bekas Surabaya dan sekitarnya dijamin kompetitif dan bisa bersaing dengan penjual lainnya, buka aplikasi mobbi sekarang.