by

Beberapa Hal yang Dapat Dilakukan Agar Remaja Terhindar Dari Bahaya Narkotika

Remaja adalah masa peralihan di antara masa kanak-kanak dan dewasa. Dalam masa ini anak mengalami masa pertumbuhan dan masa perkembangan fisik maupun perkembangan psikis. Pada masa ini, seseorang mulai mencari jati dirinya dengan cara apapun.

Bahkan terkadang menjadi mudah  terpengaruh dengan hal-hal yang bersumber dari lingkungannya, baik hal positif atau hal negatif. Oleh sebab itu, beberapa hal perlu diperhatikan untuk dapat menghindari diri dari penyalahgunaan narkoba.

Cegah Pergaulan bebas agar terhindar dari narkoba, berikut beberapa hal yang dapat kalian lakukan untuk menghindari penyalahgunaan narkoba:

Tanamkan nilai-nilai agama dan tingkatkan keimanan dalam diri kalian

Keimanan seseorang menjadi kunci yang paling utama untuk kita mencegah diri dari segala bentuk aktivitas negatif salah satunya penyalahgunaan narkoba.

Jauhilah pergaulan bebas

Kenapa? Pergaulan bebas itu memicu kita untuk terlihat lebih keren lah, lebih maco lah, lebih gaul lah, dan lain-lain. Di saat itu juga pasti kalian akan diajak atau dihasut untuk ikut ke dalam lingkungan yang jauh lebih buruk. Nah kalau sudah seperti itu, tidak menutup kemungkinan kalian akan ketagihan untuk melakukannya secara berulang. Eittsss, tapi tidak semua pergaulan ya. Kalian bisa lho bergabung dalam pergaulan yang membawa kalian ke arah yang lebih baik. Tergantung respon dan pilihan kalian. Hidup adalah pilihan ya sobat.

Berani menolak pemberian dan ajakan yang mencurigakan

Kalau ini sudah pasti kan? Kalian harus berani menolak pemberian atau ajakan dari siapa pun yang kalian rasa tidak wajar. Pelaku dengan kejahatan penyalahgunaan narkotika biasanya berupaya untuk mencari mangsa yang akan dijadikan sasaran empuk penjualan atau penggunaan narkotika.

Isi waktu kalian dengan kegiatan yang positif

Mengisi waktu kosong dengan kegiatan positif menjadi salah satu upaya mencegah seseorang dalam penyalahgunaan narkoba. Kalian akan memanfaatkan waktu sebaik-baiknya dengan energi yang positif.

Jangan sampai menyesal dikemudian hari, karena kesempatan berbakti kepada orang tua tidak bisa datang dua kali. Hargai, hormati dan cintai orang tua Anda selagi mereka masih ada didunia ini.

Mengikuti pergaulan yang tidak baik, hanya akan membuat hidup Anda hancur, dan membuat kedua orangtua sedih.

Cara menghindari pergaulan bebas dapat dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya yaitu meningkatkan nilai keagamaan didalam hidup kita.

Semua agama pastinya mengajarkan kita untuk selalu berbuat baik dan menghindari perbuatan yang melanggar norma-norma kehidupan. Dengan mendekatkan diri untuk mengenal lebih jauh tentang agama, membuat kita lebih memahami apa saja yang dilarang oleh agama dan bisa mendapatkan lingkungan yang lebih baik.

Akhir kata

Pergaulan bebas hanya akan membawa dampak negatif bagi hidup Anda. Cara menghindari pergaulan bebas dapat dilakukan dengan dua cara yaitu kaidah agama dan pendidikan didalam keluarga. Peran orang tua untuk membantu anaknya terhindar dari pegaulan bebas sangat penting disini.