5 Poin yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Beli Laptop Baru

Gaya Hidup63 views

Selain smartphone, laptop adalah perangkat elektronik penting untuk mengurus berbagai pekerjaan atau bisnis dengan lebih mudah.

Nggak heran, kalau laptop di rumah mulai ngadat, kita cenderung akan panik karena berarti akan ada pekerjaan yang bisa jadi tertunda dan terhambat. Terlebih kalau harus servis laptop biasanya membutuhkan waktu yang tidak sebentar, apalagi kalau kerusakannya cukup signifikan.

Tapi, beli laptop baru juga bukan perkara mudah karena harganya yang mahal. Alhasil, kalau terpikir untuk beli laptop baru, selain menyediakan budget yang cukup, kita juga perlu mempertimbangkan berbagai hal supaya nantinya laptop baru tersebut bisa bermanfaat sesuai kebutuhan dan tahan lama hingga bertahun-tahun.

Apalagi kalau membelinya dengan mengambil cicilan laptop yang tenornya panjang, kita perlu memastikan bahwa laptop yang dipilih sudah sesuai dan pas supaya cicilan laptop jadi tidak sia-sia.

Nah, berikut inilah 5 hal yang bisa kamu cek dan pertimbangkan di awal, sebelum membeli laptop baru:

Kondisi laptop lama

Untuk kamu yang berniat ganti laptop lama dengan laptop baru karena sudah ngadat, ada baiknya untuk membawa laptopmu ke tempat servis resmi untuk dilakukan pengecekan lebih dulu. Dengan begitu, akan diketahui jenis kerusakan yang terjadi pada laptop. Biasanya, ada kerusakan yang susah untuk diperbaiki atau membutuhkan biaya mahal. Ada juga jenis kerusakan yang levelnya rendah dan masih bisa diperbaiki.

Kalau punya budget terbatas, mengecek kondisi laptop lama bisa membantu kamu mempertimbangkan kembali antara beli laptop baru atau lebih baik servis laptop lama.

Fungsi dan tujuan penggunaan laptop

Supaya pemilihan laptop sesuai dengan kebutuhan, kamu juga perlu menentukan, akan digunakan untuk apa laptop yang baru dibeli nantinya? Hal ini bisa membantu kamu untuk menentukan laptop yang tepat.

Misalnya, kalau laptop akan digunakan untuk mengolah pekerjaan yang memerlukan software berat atau gaming, maka kamu akan perlu laptop dengan RAM besar dan spesifikasi yang di atas laptop biasanya. Seperti ASUS ROG yang harganya mulai dari Rp 25 jutaan, atau DELL Latitude 5320 yang harganya mulai dari Rp 9 jutaan.

Riset spesifikasi laptop yang sesuai kebutuhan tersebut

Ada banyak sekali tipe laptop yang tersedia di pasaran. Kalau sudah tahu tujuan penggunaan laptop, kamu bisa lebih spesifik memilih dan mengecek tipe laptop yang sesuai tujuan tersebut.

Cara termudah untuk riset spesifikasi laptop yang diinginkan adalah dengan mengakses situs resmi dari laptop pilihanmu atau mengecek di website e-commerce yang menjual laptop tersebut. Kamu juga bisa mengecek Youtube untuk melihat berbagai ulasan langsung terkait unboxing atau performa laptop, yang biasanya sudah banyak tersedia.

Sistem operasinya dan software yang dibutuhkan

Saat membeli sebuah laptop, harganya akan sepaket dengan sistem operasinya misalnya Windows atau Mac OS. Tapi, ada juga yang tidak, khususnya laptop dengan sistem operasi Windows. Jadi, penting juga untuk memastikan laptop yang kamu beli sudah terinstal dengan sistem operasi yang sesuai atau harganya sudah mengcover sistem operasi yang dibutuhkan.

Budget maksimal dan juga cara belinya (kredit atau tunai)

Sekarang waktunya menentukan berapa budget maksimal yang kamu siapkan untuk membeli laptop yang sesuai kebutuhanmu? Dan dengan metode apa pembeliannya akan dilakukan?

Kalau kamu nggak punya kartu kredit tapi mau ambil cicilan laptop, saat ini, ada satu metode kredit yang bisa kamu gunakan, yaitu cicilan dengan paylater Kredivo yang bunganya rendah.

Menariknya, Kredivo tersedia dan bisa digunakan di berbagai e-commerce ternama seperti Tokopedia, Lazada, Bukalapak, dan Bhinneka, dan bisa digunakan untuk mencicil laptop selama limit kreditmu mencukupi.

Kredivo menawarkan dua opsi kredit yang bisa kamu pilih. Opsi pertama adalah cicilan 0% dengan minimal transaksi sebesar 500 ribu dan tenor maksimum 3 bulan. Opsi kedua adalah cicilan dengan tenor 6 sampai 12 bulan, yang suku bunganya 2.6% per bulan.

Sebelum menggunakan Kredivo untuk ambil cicilan laptop, kamu harus registrasi dan punya akun Kredivo dulu. Caranya, download aplikasi Kredivo di Google Play Store atau App Store, dan pastikan kamu sudah memenuhi tiga kriteria ini sebelum daftar akun:

  1. Warga Negara Indonesia berusia 18 – 60 tahun.
  2. Sudah punya penghasilan minimal sebesar Rp 3 juta per bulan.
  3. Berdomisili di wilayah Jabotabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon, Balikpapan, Batam, Purwakarta, Padang, Pekanbaru, Manado, Samarinda, Kediri, Tasikmalaya, Tegal, Lampung, Banjarmasin, Pontianak, Cilegon, Malang, Bontang, Tanjung Pinang, Metro, Dumai, Gowa, Maros, Banyuasin, dan Deli Serdang.

Kalau mau dapat limit lebih besar, pilih akun Premium sat pendaftaran. Setelah itu, ikuti panduan pendaftaran hingga selesai dan tunggu proses approval dari Kredivo dalam waktu 1×24 jam.

Jika disetujui, otomatis akun kamu akan langsung aktif dan limitnya bisa digunakan untuk mencicil laptop pilihanmu. Jangan lupa untuk mengecek besarnya limit yang didapat dan harga laptop yang kamu inginkan. Pastikan sesuai supaya transaksi cicilan dapat diproses.