5 Cara Mengatasi Telegram Tidak Bisa Kirim Pesan dengan Mudah

Gaya Hidup17 views

Saat ini pengguna Telegram telah mencapai kurang lebih sebanyak 800 juta di Indonesia. Angka tersebut sangatlah banyak, mengingat Telegram merupakan salah satu aplikasi chat yang fiturnya lengkap dan super ringan.

Dibalik itu semua, Telegram memberikan masalah-masalah kecil yang terkadang bikin penggunanya merasa kesal. Bagaimana tidak? Kalau kamu tiba-tiba tidak bisa saling kirim pesan di Telegram, sebal kan?

Oleh karena itu, masalah ini harus segera diatasi supaya kamu bisa menggunakan Telegram dengan lancar tanpa ada gangguan lagi.

Cara Memperbaiki Telegram Tidak Bisa Kirim Pesan

Dilansir dari situs Thelastsurvivors, terdapat beberapa cara yang bisa diterapkan. Namun kami disini mencoba untuk merangkumkan secara singkat apa yang kami dapatkan.

1. Restart Ponsel

Umumnya semua masalah yang terjadi pada ponsel itu bisa diatasi dengan langkah yang sederhana. Contohnya saja dengan memuat ulang ponsel yang kamu miliki.

Meski dengan cara ini belum tentu masalah Telegram tidak bisa kirim pesan itu langsung teratasi ya. Karena tujuan dari restart ponsel itu cuman buat penyegaran aplikasi-aplikasi yang tadinya sedang berjalan.

2. Buka Blokiran

Kamu pastikan juga bahwa kontak Telegram kamu tidak diblokir oleh teman kontak Telegram kamu. Biasanya yang begini-begini nih susah untuk dideteksi, karena pemblokiran terjadi pada kontak orang lain jadi kamu sebagai pengguna Telegram hanya bisa menduga-duga.

Sebagai ciri bahwa kontak Telegram kamu diblokir itu yakni pesan yang terkirim hanya menunjukkan ceklis satu.

Jika sudah ketahuan begitu, lebih baik kamu hubungi kontak teman kamu itu melalui aplikasi chat lain, misalnya WhatsApp atau bahkan hubungi lewat media sosial Instagram.

3. Harap Matikan Proxy

Telegram memiliki opsi Proxy yang berguna untuk memperlancar koneksi antar server dan penggunanya. Proxy ini biasanya aktif sendiri meski sebelumnya kamu belum pernah mengaktifkannya.

Oleh karenanya, kami sarankan untuk mematikan opsi Proxy ini supaya kamu segera bisa mengirim pesan kepada kontak teman kamu di Telegram.

Cara mematikan proxy antara lain buka Pengaturan terlebih dahulu kemudian pilih menu Data dan Penyimpanan.

Setelah itu pilih menu Pengaturan Proxy lalu matikan tombol “Gunakan Pengaturan Proxy”. Jika sudah, silahkan mode pesawat dulu ponsel kamu lalu matikan modenya.

Terakhir tinggal kirim pesan kepada kontak Telegram yang kamu miliki. Apakah masih tidak bisa berkirim pesan?

4. Perbarui Telegram

Aplikasi Telegram sering melakukan update rutin jika terdapat bug pada versi aplikasi sebelumnya. Oleh karena itu kamu wajib juga pastikan bahwa aplikasi Telegram pada ponsel kamu itu telah menggunakan versi terbaru.

Pembaruan ini biasanya disertakan dengan perbaikan bug, pengoptimalan aplikasi, dan lain sebagainya. Mengingat hal itu, kamu bisa memperbarui aplikasi Telegram melalui toko aplikasi yang kamu miliki ya.

5. Mungkin Server Down

Kamu pasti belum tahu bahwa Telegram itu sebenarnya memiliki server yang biasanya sering terjadi masalah, salah satunya adalah down.

Masalah server down ini sering terjadi pada aplikasi chat lainnya, jadi kamu perlu memeriksa server Telegram down atau tidak. Jika down, mungkin inilah yang mengakibatkan kamu tidak bisa mengirimkan pesan.

Jadi, seperti itulah cara mengatasi Telegram tidak bisa kirim pesan kepada kontak orang lain. Semoga bermanfaat.