by

Tips Bagaimana Mengatasi Klien Saat Tarif Lebih Tinggi dari yang Mereka Perkirakan

Terkadang pihak perusahaan bingung mengenai bagaimana mengatasi klien saat tarif lebih tinggi dari yang mereka perkirakan. Permasalahan ini wajar terjadi, terutama ketika klien belum mengetahui secara lengkap mengenai keuntungan apa saja yang akan didapatkan. 

Dikutip melalui saungwriter.com, sebagai pihak penyedia produk barang atau jasa, pihak perusahaan juga harus memiliki tips bagaimana mengatasi klien saat tarif lebih tinggi dari yang mereka perkirakan. Berikut ini adalah tips yang bisa dicoba untuk menjelaskan kepada klien yang mempertanyakan mengenai harga yang dianggap tinggi.

Jelaskan Detail Tarif Secara Lengkap

Harga sebenarnya bukan menjadi persoalan utama untuk para klien. Bahkan, klien yang mempertanyakan mengenai harga biasanya hanya membutuhkan penjelasan yang lengkap terkait apa saja keuntungan yang akan didapatkan. Berikut ini adalah detail produk yang sebaiknya dijelaskan kepada klien.

  • Berikan penjelasan mengenai detail produk
    Pada saat klien mulai mempertanyakan harga yang diterapkan, sebaiknya Anda memberikan penjelasan selengkap-lengkapnya mengenai detail produk tersebut. Jangan ragu untuk memberikan banyak detail sehingga klien merasa puas dengan penjelasan Anda.
  • Jelaskan perincian harga dari produk barang atau jasa yang ditawarkan
    Pada setiap paket atau produk yang ditawarkan, selalu terdapat perincian produk yang akan didapatkan oleh klien. Pada bagian ini, pastikan pihak perusahaan sudah transparan dalam memberikan penjelasan. Keraguan klien seringkali disebabkan karena banyaknya detail yang belum jelas.

Pada saat memberikan penjelasan, pastikan Anda memberikan kesempatan kepada klien untuk bertanya. Bila ada hal-hal yang masih belum jelas, klien memiliki hak sepenuhnya untuk bertanya dan mendapatkan penjelasan secara lengkap dari pihak perusahaan.

Cara untuk menjelaskan seluruh detail produk yang akan didapatkan menjadi salah satu cara efektif bagaimana mengatasi klien saat tarif lebih tinggi dari yang mereka perkirakan. Lakukan langkah ini di awal ketika Anda akan memulai proses dealing dengan klien.

Paparkan Keuntungan yang Akan Didapatkan Klien

Klien yang masih ragu mengenai harga yang tidak sesuai dengan perkiraan biasanya membutuhkan penjelasan mengenai keuntungan apa saja yang akan didapatkan. Anda bisa menggunakan langkah berikut ini untuk memberikan penjelasan kepada klien.

  • Jelaskan semua keuntungan yang akan didapatkan klien
    Agar klien merasa yakin, pastikan Anda memaparkan semua keuntungan yang akan didapatkan oleh klien. Keuntungan menjadi poin yang paling kuat untuk meyakinkan klien. Dengan harga yang ditetapkan, pastikan klien juga mendapatkan lebih dari yang mereka harapkan.
  • Pastikan klien mengerti keuntungan apa saja yang akan didapatkan
    Bila klien masih belum paham atau masih ragu dengan penjelasan Anda, tidak ada salahnya untuk mencoba berdiskusi dengan klien. Klien memiliki hak penuh untuk bertanya dan berdiskusi kepada pihak perusahaan. Kepercayaan klien menjadi kunci utama kesuksesan Anda.

Klien memiliki hak penuh untuk bertanya mengenai berbagai hal yang dirasa masih belum jelas. Pada poin ini, pastikan perusahaan Anda memiliki layanan pelanggan yang siap kapanpun untuk memenuhi kebutuhan klien. Respon yang cepat akan menjadi nilai tambah tersendiri untuk perusahaan Anda.

Bila Anda sudah berhasil mendapatkan kepercayaan klien, harga yang lebih tinggi dari perkiraan klien bukan lagi menjadi permasalahan utama. Gunakan beberapa cara mengenai bagaimana mengatasi klien saat tarif lebih tinggi dari yang mereka perkirakan dan berikan penjelasan selengkap-lengkapnya.

News Feed