by

Nyeri Haid Berlebih? Waspadai Mungkin Anda Terkena 4 Penyakit Ini!

Banyak diantara kaum hawa yang akan mengalami rasa sakit atau nyeri ketika tengah datang bulan. Sebenarnya ini adalah kondisi yang normal terjadi. Penyebab nyeri haid hari pertama ini dikarenakan dinding endometrium rahim yang mulai mengelupas atau meluruh, disebabkan oleh faktor hormonal dan juga tidak terjadi pembuahan pada sel telur, karena dalam kondisi yang masih segar dan mengelupas maka secara otomatis akan disertai dengan keluarnya darah, hal inilah yang menyebabkan rasa sakit tersebut.

Hanya saja memang normalnya intensitas atau rasa sakit yang dialami masih dalam tahap atau batasan normal, jika seandainya rasa sakit tersebut berlebihan dan tidak bisa ditahan, hendaknya juga patut untuk diwaspadai, karena bisa jadi gejala beberapa masalah kesehatan ini, yaitu:

  1. Endometriosis, ini adalah sebuah kelainan yang membuat jaringan dinding rahim tumbuh di bagian luarnya. Seperti diantaranya ada di ovarium. Usus hingga pada jaringan panggul. Faktor pemicunya sendiri adalah perubahan hormon ketika pada saat siklus menstruasi terjadi.
  2. Fibroid rahim, dikenal juga sebagai tumor jinak, kondisi semaca ini serig kali muncul atau dialami oleh wnaita ketika sedang memasuki masa subur, ukurannya pun juga sangatlah bervariasi, ada yang kecil hingga sangat besar dan butuh dilakukan operasi untuk segera mengangkatnya sebelum menyebabkan kerusakan pada rahim.
  3. Radang panggul, nyeri berlebihan saat haid juga bisa jadi indikasi Anda tengah terkena radang panggul. Ini merupakan masalah kesehatan yang disebabkan oleh infeksi bakteri pada saat melakukan hubungan seksual.
  4. Adenomiosis, ini adalah masalah atau gangguan kesehatan yang disebabkan karena sel-sel tumbuh ke bagian dalam otot rahim. Sehingga menyebabkan rasa nyeri pada saat tengah datang bulan.

Kondisi di atas tentunya harus langsung di periksakan ke dokter sebelum bertambah parah, namun jika seandainya nyeri yang dialami masih dalam tahap normal maka bisa dengan mudah diatasi, diantaranya adalah mengompres menggunakan air hangat, atau paling praktis bisa memakai iFree Pad. Temukan produknya secara mudah online disini, sumber : https://ifreeindonesia.com/.

News Feed