by

Menyampaikan Kabar Berita dalam Bahasa Inggris Secara Tertulis

Kesulitan dalam menulis berita baik atau buruk sebenarnya tergantung pada pemahaman kamu terhadap situasi dan informasi yang harus kamu sampaikan. Bahkan kabar baik pun bisa sulit disampaikan jika kamu tidak cukup tahu tentang situasinya atau memiliki banyak informasi untuk disertakan. Mari kita berlatih cara menyampaikan berita bahasa Inggris baik itu buruk atau sebaliknya secara tertulis.

1. Saat Menulis Berita Baik

Jangan pernah berlebihan saat kamu menyampaikan kabar baik. Misalnya, jika kamu memuji seseorang di media cetak untuk pekerjaan yang dilakukan dengan baik, jangan pernah menyesatkan mereka dengan berpikir bahwa surat itu akan menghasilkan sesuatu yang lebih – seperti promosi atau kenaikan gaji. Jika kamu berjanji lebih dari yang dapat dipenuhi, kamu membuka jalan untuk kemungkinan litegasi. Suratmu nantinya bisa dijadikan bukti niat.

Dibandingkan dengan beberapa situasi mengerikan yang kita hadapi setiap hari di tempat kerja, menyampaikan kabar baik tampaknya menjadi masalah terkecil kita. Tetapi bahkan tugas yang tampaknya menyenangkan seperti memberikan berita selamat datang memiliki masalahnya sendiri. Untuk menghindari hal tersebut, coba pedoman ini.

Pertama, sadari bahwa surat kabar baik memberikan informasi karena membangun citra positif penulis. Mereka juga memperkuat hubungan yang baik antara penulis dan pembaca dan mengurangi kebutuhan untuk mengirim korespondensi lebih lanjut. Contoh menulis:

  • Mulailah dengan kabar baik.
  • Rangkum poin-poin utama dari pesan tersebut.
  • Berikan detail dan informasi latar belakang yang diperlukan.
  • Sajikan elemen negatif apa pun sepositif mungkin.
  • Akhiri dengan catatan positif.

2. Saat Menulis Berita Buruk

Kamu harus hidup dan sehat, tetapi dalam setiap kehidupan selalu datang sedikit masalah. Dan ketika itu terjadi, kamu mungkin harus menjadi orang yang menulis surat tentang itu. Surat kabar buruk menyampaikan berita buruk dan membantu pembaca menerimanya. Mereka juga membangun citra yang baik dari penulis. Agar efektif, surat kabar buruk membuat pembaca merasa bahwa keputusan itu masuk akal dan bahwa meskipun mereka berada di posisi penulis, mereka akan membuat keputusan yang sama. Surat kabar buruk melakukannya dengan menggunakan pola berikut:

  • Buka dengan buffer, pernyataan yang memungkinkan kamu untuk melunakkan pesan negatif yang akan datang.
  • Berikan alasan untuk tindakan tersebut.-   Sajikan berita negatif. Jangan terlalu menekankan sisi negatifnya, tetapi jelaskanlah. Kamu tidak ingin pembaca  melewatkan pesan. Jika itu terjadi, kamu hanya perlu menyampaikan berita buruk itu lagi.
  • Sajikan alternatif atau kompromi, jika memungkinkan.
  • Akhiri dengan pernyataan positif.

Begitulah gambaran dari penulisan berita dalam bahasa Inggris, baik berita baik atau buruk. Jika kamu ingin mempelajari lebih lanjut kamu bisa mengambil kursus bahasa Inggris atau kuliah jurusan bahasa Inggris untuk memperdalam.

News Feed