Mengenal Serba-Serbi Apa Saja Jenis Sponsorship Adalah

Bisnis52 views

Perusahaan pada umumnya perlu untuk membangun brand awareness yang bisa dilakukan dengan beragam cara dalam mengenalkan produknya, layanannya, dan juga pemberian. Sponsorship adalah salah satu cara untuk lebih mengenalkan brand tersebut yang tujuan utama yang dipunyai adalah untuk mempromosikan merek yang dipunyai. Dengan menjadi sponsor bagi acara dan lainnya untuk mengeluarkan mendukung acara tersebut sehingga terselenggara sesuai dengan rencana. Di mana timbal balik yang didapatkan oleh perusahaan adalah bisa untuk mengenalkan brand lebih baik ke masyarakat secara luas.

Dampak ada sponsorship seperti yang disinggung di atas adalah untuk membuat brand menjadi lebih dikenal. Dengan menjadi sponsor akan membantu untuk meningkatkan reputasi brnd, membuatnya lebih dikenal daripada brand lain yang tidak melakukan promosi dengan menjadi sponsor, dan akhirnya bisa meningkatkan penjualan yang didapatkan. Bagi brand yang ingin mendapatkan manfaat tersebut bisa menggunakan beberapa jenis sponsorship yang bisa dilakukan seperti berikut ini:

  • Jenis pertama adalah sponsor utama yang memberikan pendanaan yang besar karena menjadi sponsor utama. Timbal balik dari jenis ini adalah akan bisa dipromosikan lebih baik dengan logo paling besar, penyebutan nama, serta juga promosi saat acara berlangsung.
  • Jenis selanjutnya adalah sponsor umum yang mendanai kira-kira setengah saja dari kegiatan, sehingga mempunyai penempatan logo yang lebih kecil.
  • Jenis lainnya ada sponsor resmi yang mendukung acara secara resmi sehingga dieknal sebagai partner sponsor dari kegiatan tersebut.
  • Jenis lainnya ada sponsor teknis yang merupakan sponsorship yang dilakukan dengan memberikan pelayanan dan barang yang dibutuhkan untuk kegiatan yang akan diadakan.
  • Jenis terakhir adalah sponsor berpartisipasi yang mempunyai porsi pendanaan yang kecil yaitu hanya 10% dari dana acara yang dibutuhkan.

Selain jenis di atas yang merupakan sponsorship yang dilakukan untuk mendukung acara dan promosi brand, ada juga sponsorship yang mempunyai manfaat untuk tujuan sosial. Sponsorship untuk kegiatan sosial ini bisa dilakukan dengan mengikuti program Chosen dari Wahana Visi Indonesia yang memberikan sponsor bagi anak yang bisa membantu untuk memberikan masa depan lebih baik bagi anak. Daftar sekarang juga menjadi sponsor