by

Masjid Terbesar di Indonesia untuk Ibadah sambil Wisata Religi

Masjid merupakan tempat ibadah umat muslim. Selain menjadi tempat ibadah, bangunan ini seringkali kerap dijadikan tempat wisata religi juga. Karena, saat ini sudah banyak sekali masjid yang memiliki arsitektur megah dan menarik, yang bisa dijadikan sebagai tempat wisata religi.

Di sisi lain, Indonesia tidak hanya memiliki infrastruktur yang unik, tetapi juga masjid dengan kapasitas terbesar. Kemudian, beberapa dari mereka sudah dikenal sebagai masjid terbesar dengan arsitektur menawan di dunia. Dengan Jam digital masjid biasanya digunakan di dalam masjid untuk mengetahui waktu sholat sudah tiba ataupun berakhir. Dibandingkan jam biasa, penunjuk waktu digital dikatakan lebih akurat dalam memberikan informasi waktu terutama untuk ibadah lima kali dalam sehari.

1. Masjid Istiqlal (Jakarta)

Masjid yang bisa menampung jamaah hingga 200.000 orang ini memiliki keunikan yang jarang sekali bisa kamu temui. Yap, Masjid Istiqlal ini berhadap-hadapan dengan Gereja Katedral Jakarta yang juga sama megahnya.

Selain berfungsi sebagai tempat sholat, masjid ini juga seringkali dijadikan sebagai tempat untuk wisata religi. Tidak hanya untuk masyarakat umum, namun juga untuk tamu kehormatan negara.

2. Masjid An-Nur {Riau}

Masjid Agung An-Nur telah ada sejak 1963. Namun, baru terealisasi pada 1966 ketika Kaharuddin Nasution menjadi Gubernur pada 19 Oktober 1968.

Kemudian, arsitektur Masjid Agung An-Nur Riau di Pekanbaru mirip dengan Taj Mahal, India. Desain arsitektur dirancang oleh Ir. Roseno dengan ukuran 50 x 50 m, terletak di halaman berukuran 400 x 200 m. Kemudian, dapat menampung hingga 4.500 jamaah.

Di sisi lain, Masjid Agung An Nur juga memiliki berbagai fasilitas. Seperti fungsi pendidikan mulai dari playgroup, taman kanak-kanak, sekolah dasar, sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas, perpustakaan, aula dan ruang pertemuan, hingga ruang kelas dan ruang kantor.

3. Masjid Raya Baiturrahman (Aceh)

Masjid Agung Baiturrahman adalah kebanggaan masyarakat Aceh. Menjadi populer sejak Tsunami pada tahun 2004. Masjid ini adalah satu-satunya bangunan yang selamat dari tsunami besar yang diakui sebagai salah satu dampak dari gempa bumi terbesar di Indonesia. Renovasi biayanya sekitar Rp 20 miliar!

Bangunannya yang bergaya Kesultanan Turki Utsmani dengan hiasan kolam air mancur membuat masjid ini menjadi incaran wisatawan yang datang ke Aceh.

4. Masjid Islamic Center Samarinda (Kalimantan Timur)

Islamic Center Samarinda terletak di Kabupaten Teluk Lerong Ulu, tepatnya di kota Samarinda, Kalimantan Timur. Masjid ini adalah masjid terbesar kedua di Asia Tenggara, dan juga salah satu masjid termegah di Indonesia.

Keunikan dari masjid satu ini adalah bangunannya yang menghadap langsung ke arah tepi Sungai Mahakam. Enggak heran apabila tempat ibadah ini digemari oleh wisatawan yang ingin beribadah sekaligus melakukan wisata religi.

5. Masjid Agung (Jawa Tengah)

Masjid Agung Jawa Tengah adalah masjid yang dimiliki oleh provinsi Jawa Tengah. Itu terletak di Semarang dan dibangun dari tahun 2001 hingga 2006. Masjid Agung diresmikan oleh Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono pada 14 November 2006.

Di sisi lain, area serambi masjid ini memiliki enam payung otomatis raksasa seperti yang ada di Masjid Nabawi dan dapat menampung hingga 15.000 orang untuk beribadah.