by

Manfaat Aplikasi Stok Barang Membantu Laporan Keuangan Menjadi Lebih Mudah

Aplikasi stok barang adalah produk perangkat pintar yang memiliki visibilitas. Hampir semua pelaku usaha masa kini memiliki aplikasi stok barang yang dapat membantu mengelola usaha. Kontrol stok menjadi lebih cepat dan mudah, angka yang akurat, serta meringkas biaya.

Bisnis yang baik adalah ketika pelaku usaha mengetahui persis kualitas produk dan barang yang ia jual. Jika waktu Anda habis untuk menghitung ulang barang yang ada di gudang, tentu tidak ada waktu bagi Anda untuk mempelajari produk yang dijual. Terkadang terlalu fokus pada jumlah stok juga melupakan penjual untuk memeriksa tanggal kadaluwarsa. Pergeseran barang yang terlalu sering mengakibatkan kualitas komoditas menjadi berkurang. Mungkin bisa hancur, berkarat, atau cacat. Maka dari itu aplikasi stok barang begitu penting di era yang serba cepat ini.

Mengatur Ketersediaan Komoditas Dagang

Ketika Anda memiliki strategi manajemen stok yang jelas, mengatur dan mengelola gudang menjadi lebih mudah. Seperti menempatkan produk ke area yang tepat, Anda dapat mengatur ulang stok Anda sehingga mudah diakses. Artinya, karyawan Anda dapat menemukan produk dengan cepat, menyelesaikan proses pemenuhan pesanan tepat waktu.

Kepuasan Pelanggan

Jika pelanggan Anda tahu bahwa produk Anda selalu tersedia dan pesanan mereka akan dipenuhi pada waktunya, tentunya snagat memuaskan bagi pelanggan. Sbeab tidak sedikit pedagang yang terlalu lama merespon calon pembeli karena harus berlama-lama mengecek stok barang. Bisa Anda bayangkan jika memiliki alat untuk mengontrol produk Anda, dan betapa cepatnya merespon pembelian dab menyetok ulang barang. Hal ini sangat berguna untuk memaksimalkan efisiensi dan penjualan.

Memudahkan Penjualan Multiple Platform

Jual beli online menjadi bagian dari hidup kebanyakan orang masa kini. Setiap penjual tentunya ingin memiliki pelanggan yang banyak dari berbagai jenis kalangan, maka dari itu tidak sedikit penjual menawarkan barang ke platform jual-beli yang berbeda. Bayangkan betapa rumitnya Anda jika tidak memiliki aplikasi pengorganisir stok barang, mungkin Anda tidak akan tahu barang apa yang masih tersedia. Atau jika sudah ada pesanan Anda tidak sanggup memenuhinya karena Anda baru menghitung stok barang yang sudah habis. Mungkin Anda akan mendapat review buruk dari pelanggan. Jika pelanggan me-review toko Anda dengan buruk, artinya semakin sedikit keuntungan yang akan didapat. Karena reputasi toko Anda terlanjur buruk.

Memudahkan Laporan Keuangan

Selain memudahkan stok barang, tentunya laporan keuangan akan menjadi lebih mudah. Tidak ada ketimpangan antara stok barang dengan barang yang sudah terjual. Semua data dapat dievaluasi dengan mudah. Pengelolaan dana dapat menggunakan sistem informasi untuk membandingkan penggunaan anggaran dan dana yang tersedia saat ini. Anda bisa mengevaluasi stok barang yang paling laku dan mengesampingkan barang yang paling jarang dibeli. Cara ini juga membantu penjualan lebih cepat dan mengurangi kerugian usaha.

Arus Keuangan yang Sehat

Manajemen persediaan yang baik tidak hanya menghemat biaya, tetapi juga bisa meningkatkan arus kas. Ingat, inventaris adalah produk yang kemungkinan besar telah Anda bayar dengan uang tunai (termasuk cek dan transfer elektronik), dan Anda akan menjualnya untuk mendapatkan uang tunai yang lebih banyak. Tetapi saat disimpan di gudang, barang tersebut masih berbentuk barang. Bagaimanapun barang yang Anda simpan di dalam gudang merupakan aset yang harus dijaga karena komoditas yang nantinya bisa dipertukarkan dengan uang.

Dengan stok barang yang akurat akan memudahkan Anda untuk mengatur arus kas sehingga toko Anda berkembang lebih cepat. Inilah mengapa penting untuk memasukkan inventaris ke dalam manajemen arus kas Anda. Inventaris secara langsung memengaruhi penjualan (dengan mendikte seberapa banyak Anda dapat menjual) dan pengeluaran (dengan mendikte apa yang harus Anda beli). Kedua elemen ini sangat menentukan berapa banyak uang tunai yang Anda miliki.

Bila Anda memiliki sistem inventaris yang solid, Anda akan tahu persis berapa banyak produk yang Anda miliki dan berdasarkan penjualan Anda dapat memproyeksikan kapan Anda akan habis sehingga Anda dapat mengantisipasinya lebih mudah.

Masih banyak bisnis kecil yang memonitoring barang dengan pena-dan-kertas (dengan cara lama) ini menjadi sulit untuk digunakan terutama jika Anda ingin menumbuhkan usaha. Belum lagi membuat Anda lebih rentan terhadap human error, yang bisa berujung pada kesalahan bisnis yang merugikan.

Saat Anda menggunakan perangkat lunak inventaris yang kuat untuk membantu Anda melacak stok, Anda mendapatkan akses ke manfaat seperti peringatan saham, pesanan pembelian otomatis, pelaporan inventaris akhir tahun, dan izin pengguna. Gabungan fitur perangkat lunak pelacakan inventaris memberi Anda kendali penuh dan wawasan tentang bisnis Anda dan bagaimana inventaris berpindah dari pemasok ke pelanggan dan di mana pun di antaranya.

Sistem manajemen inventaris yang tepat adalah solusi manajemen inventaris yang memberi Anda fitur manajemen inventaris canggih. dan disinkronkan dengan toko Shopify Anda secara real time. Bagian terbaiknya adalah perangkat semacam ini seperti asisten pribadi sehingga Anda dapat menskalakan bisnis Anda dengan teknologi yang mampu menangani inventaris Anda sekarang dan di masa depan.

News Feed