by

Kesal dengan Email Spam? Ikuti Tips Ini untuk Mengatasinya!

Email spam memang memberikan kerugian dan dampak negatif kedepan. Baik itu anda selaku penerima yang merasa terganggu, atau anda sebagai pengirim email tersebut yang tidak tersampaikan kepada alamat tujuan. Maka dari itu, alangkah lebih baik jika anda harus menghindari hal tersebut, terutama bagi anda yang sering menerima email spam. Ada beberapa tips yang bisa anda gunakan, mungkin dari tips tersebut akan berguna untuk menghindari email spam yang masuk pada akun email anda.

5 Tips Mengatasinya Email Spam

Sebenarnya tidak sulit untuk mencegah serangan email spam yang masuk, langkah yang harus diperhatikan adalah kewaspadaan diri.

1. Jangan Sembarang Mempublikasikan Alamat Email

Salah satu cara spammer mendapatkan alamat email bisa jadi dari kesalahan kita sendiri. Biasanya kita mempublikasikan alamat email di beberapa media sosial. Jika hal itu pernah anda lakukan, sebaiknya hentikan sekarang juga.

Bagi anda pelaku usaha, mempublikasikan email untuk adalah hal yang hampir wajib. Hal ini ditujukan agar calon konsumen atau pelanggan dapat mengirimkan email seputar tanya jawab atau keluhan. Bagaimana mengatasi hal ini? Sedangkan risikonya bisa menjadi korban spam? Mudah saja, anda gunakan kontak form pada website yang digunakan. Dengan form tersebut, memungkinkan pelanggan untuk mengirimkan email kepada anda tanpa harus mengetahui alamat emailnya.

2. Biarkan Email Spam Berada Pada Tempatnya

Bukan hanya anda saja yang bisa menjadi korban spammer, sebagian pengguna email juga pernah menerimanya, bahkan sampai saat ini juga. Apabila anda sudah terlanjur menerimanya, biarkan saja email spam tersebut pada tempatnya. Jangan pernah mencoba untuk membukanya, karena sebagian besar spammer akan tahu jika anda membuka email tersebut.

Jika mereka tahu bahwa email yang anda gunakan masih aktif, bersiaplah untuk mendapatkan serangan bertubi-tubi dari spammer. Ya, mereka akan lebih gencar lagi untuk mengirimkan spam kepada anda. Lebih parahnya lagi, email anda akan dianggap mempunyai nilai jual karena masih aktif.

3. Tandai Sebagai Email Tidak Dikenal Sebagai Spam

Jika anda pernah menerima email yang tidak jelas siapa pengirimnya, atau anda tidak pernah mengikuti program dan event apapun dari mereka. Segera tandai email tersebut sebagai spam agar ketika mereka mengirimkan serangan lagi, akan otomatis masuk pada folder spam.

Walaupun anda bisa langsung menghapus email tersebut, namun hal tersebut kurang efektif. Hal itu dikarenakan jika serangan datang lagi, tempatnya bukan pada folder spam, melainkan folder inbox atau kotak masuk.

4. Aktifkan Fitur Filter Anti Spam

Sebagian besar penyedia layanan pesan elektronik seperti Gmail sudah ada fitur khusus untuk filter email spam. Anda bisa memanfaatkan fitur ini agar tidak terjebak dalam aktivitas spammer. Dengan menggunakan fitur ini, kemungkinan besar email spam akan tersaring, walaupun tidak 100% tentunya.

5. Menyaring Pesan Melalui cPanel

Memblokir pesan melalui cPanel terbilang sangat efektif jika anda sudah tahu daftar alamat yang sering mengirimkan spam.  Caranya mudah, anda hanya perlu melakukan pengaturan pada Apache SpamAssassin di cPanel. Kemudian blokir semua alamat email yang anda curigai tadi.

Jika anda merasa kesulitan dengan cara-cara diatas, mungkin anda perlu memerlukan tenaga profesional untuk mengatasinya. Coba konsultasi dulu dengan teman atau seseorang yang ahli dalam hal tersebut. Anda juga bisa berkonsultasi dengan K1NG Corporation yang menawarkan layanan email gateway Indonesia anti spam di Indoensia. Satu hal yang paling penting adalah, selalu berhati-hati dalam menggunakan internet agar tidak terkena serangan email spam yang bisa jadi merugikan dan mengganggu.

News Feed