Informasi Penting Seputar Jurusan Teknik Energi Terbarukan

Pendidikan22 views

Kuliah jurusan energi terbarukan di Indonesia memiliki peran krusial dalam menangani masalah penggunaan yang berlebihan terhadap sumber energi yang berasal dari energi fosil. Selain menyebabkan kelangkaan sumber daya, penggunaan energi fosil juga berpotensi menyebabkan pemanasan global yang merugikan lingkungan.

Karena alasan tersebut, Indonesia memerlukan ahli yang mampu mengembangkan dan memperbaiki penggunaan energi ramah lingkungan, berkelanjutan, dan terbarukan. Oleh karena itu, diperlukan program studi yang dapat menghasilkan solusi bagi pengembangan energi biomassa, panas bumi, energi surya, angin, dan hidro yang ada di Indonesia.

Apa Itu Kuliah Prodi Teknik Energi Terbarukan?

Program studi Teknik Energi Terbarukan bertujuan untuk menghasilkan tenaga ahli di bidang yang mampu mengembangkan teknologi dan sistem yang dapat menghasilkan energi terbarukan yang efisien dan berkelanjutan. Apalagi, prodi ini berperan penting untuk mendukung program pemerintah dalam pemanfaatan energi terbarukan di Indonesia.

Jika Anda memilih kuliah jurusan teknik energi terbarukan, maka prodi ini mengintegrasikan konsep dan teori dari berbagai disiplin. Misalnya saja seperti ilmu fisika, matematika, kimia, teknik mesin, dan teknik elektro. Tujuannya adalah untuk menciptakan solusi inovatif yang berperan penting dalam memenuhi kebutuhan energi yang semakin meningkat.

Profesi Lulusan Prodi Teknik Energi Terbarukan

Hal menarik yang perlu diketahui adalah dalam beberapa tahun terakhir ini, pemerintah Indonesia sudah berupaya mengembangkan energi terbarukan. Misalnya saja seperti energi surya, angin, dan biomassa, yang memiliki target peningkatan penggunaan energi terbarukan hingga 23% pada tahun 2025.

Lalu, bagaimana dengan karir dan prospek dari jurusan ini? Anda tidak perlu khawatir karena lulusan Teknik Energi Terbarukan memiliki prospek kerja yang bagus dan cukup luas. Terutama dengan semakin gencarnya pencarian sumber energi ramah lingkungan. Berikut adalah karir dan profesi lulusan prodi Teknik Energi Terbarukan:

  • Ahli Rekayasa dan Manajemen Energi Terbarukan
  • Pelaku Bisnis Energi Terbarukan
  • Konsultan Energi Terbarukan
  • Auditor Energi
  • Ahli Teknik Energi
  • Ahli Teknik Energi Angin
  • Ahli Teknik Sistem Solar Energi

Dalam era perubahan iklim dan kebutuhan energi yang semakin meningkat, jurusan energi terbarukan menjadi sangat penting. Lulusan program ini memiliki prospek karir yang luas dan dapat berkontribusi dalam mengatasi masalah-masalah energi di Indonesia yang membutuhkan peningkatan keefisienan secara berkelanjutan.

Jangan lewatkan kesempatan untuk berkuliah di jurusan Teknik Energi Terbarukan di Universitas Prasetiya Mulya! Dapatkan ilmu dan keterampilan untuk mengembangkan teknologi energi terbarukan serta siapkan diri untuk menjadi pemimpin masa depan dalam menghadapi masalah energi dan  perubahan iklim yang makin ekstrem.