by

Cek Posisi Paket JNE-mu Pakai AgogoPost Tanpa Ribet

Bagi kamu yang sering belanja online, tentu sudah gak asing lagi dengan jasa pengiriman JNE. Saya rasa, perusahaan ini merupakan salah satu jasa pengiriman papan atas yang paling populer di Indonesia. JNE bisa dikatakan sebagai “pemain lama” pada industri jasa pengiriman dan ekspedisi. 

Bagi kamu yang sudah rutin melakukan belanja online, sudah biasa sepertinya dengan over traffic load ketika membuka website JNE untuk melakukan cek resi JNE/JNE tracking. Hal ini memang wajar, karena ada ratusan ribu orang seperti kamu yang sedang sama-sama mengakses website yang sama.

Kita kadang tidak sabar buat segera menerima paket, atau minimal kita ingin segera tahu paket kita sudah ada dimana. Lalu apa yang harus dilakukan, jika website JNE tidak bisa diakses? Tenang, di bawah akan saya jabarkan beberapa solusinya. 

Namun sebelum itu, mari kita bahas dulu sekilas tentang JNE.

Gambaran Singkat JNE

Saat saya masih kecil, saya sering melihat logo JNE di depan ruko-ruko. Dulu, saya gak tau tentang JNE, karena memang waktu itu belum ada jual-beli online. Jasa pengiriman tidak populer seperti sekarang ini. Kini, mungkin ada ratusan ribu hingga di atas satu juta paket yang dikirim setiap hari.

Brand JNE sendiri berdiri dibawah PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir, sejak tahun 1990. Dulu JNE fokus pada pengiriman impor dan kepabeanan, karena mungkin memang di tanah air belum banyak orang yang mau kirim-kirim barang secara domestik. 

Layanan JNE

Kini JNE sendiri mempunyai banyak layanan pengiriman yang bisa kamu gunakan, sesuai dengan kebutuhan kamu. Beberapa diantara layanannya antara lain adalah : JNE REG, JNE YES, JNE OKE & JNE Trucking

JNE Reg

JNE Reg adalah kepanjangan dari reguler. Jenis pengiriman ini adalah yang paling umum dan sering digunakan. Pihak JNE menjanjikan setidaknya paket bisa diantarkan dalam waktu 3 – 4 hari ke tempat tujuan. 

JNE YES

JNE YES juga adalah singkatan dari Yakin Esok Sampai. Nah, layanan ini cocok banget buat kamu yang melakukan pengiriman darurat dan ingin cepat sampai. Dengan fitur ini, JNE menjanjikan bahwa paket kamu akan dikirimkan, akan sampai keesokan harinya.

JNE OKE

JNE OKE juga merupakan sebuah singkatan dari Ongkos Kirim Ekonomis. Layanan ini cocok buat kamu yang ingin kirim barang jauh, berat dan tidak buru-buru harus cepat sampai. Umumnya JNE menjanjikan waktu seminggu supaya paket sampai di tempat tujuan.  

Kirim Paket Besar Dengan JNE?

Ada pertanyaan, misalnya kamu membeli tempat tidur atau kasur, apakah bisa dikirimkan dengan JNE? Tentu saja! Ada layanan yang namanya JNE Trucking. Pengiriman paket yang volume-nya besar dan juga beratnya lebih dari 10 Kg.

Pengiriman paket lebih dari 10 Kg lebih hemat menggunakan JNE trucking, daripada layanan JNE lainnya, karena JNE trucking mempunyai hitungan ongkos kirim tersendiri. 

Layanan JNE trucking ini cocok banget buat kamu yang sering barang berukuran besar dan berat di online. 

Alur Pengiriman di JNE dan Cek Resi

Saat kamu mengirimkan paket, atau kamu membeli produk online kemudian paket kamu dikirim via JNE, maka kamu akan mendapatkan nomor resi. Nah, nomor resi ini adalah nomor unik untuk mengidentifikasi pengiriman kamu. Dengan nomor resi ini, kamu bisa tahu posisi paket kamu sudah ada dimana.

Untuk cek resi JNE/JNE Tracking bisa menggunakan 3 cara:

  1. Datang Ke Kantor Cabang JNE

Dengan datang ke kantor cabang JNE di kota kamu, tentu saja kamu bisa menanyakan posisi barang secara akurat. Tapi, masa harus datang jauh-jauh ke kantor cabang, kan beli paketnya juga online? Iya gak?

Cara ini dinilai sangat merepotkan, terlebih lagi bagi kamu yang tempat tinggalnya jauh dari kantor cabang.

  1. Melalui aplikasi/website resmi JNE

kamu bisa menggunakan aplikasi atau website resmi dari JNE untuk melacak pengiriman kamu. Namun, seperti yang tadi saya bilang, ketika traffic tinggi, kamu kesulitan untuk bisa membuka website dan aplikasinya.

  1. Menggunakan Aplikasi/Web AgogoPost

AgogoPost merupakan salah satu tools yang sangat mumpuni untuk cek resi JNE/JNE tracking. Aplikasi ini gratis dan tanpa iklan, bisa kamu unduh di Play Store dan App Store. Jika kamu ingin cek resi JNE sekarang bisa menuju ke halaman ini ya 👉  cek resi JNE/JNE tracking.

Nah, solusi terbaik buat kamu yang ingin cek resi JNE adalah dengan AgogoPost. Ini bisa menjadi alternatif penting ketika kamu kerepotan untuk datang ke kantor cabang JNE atau ketika website resmi JNE overload.

Membaca Hasil Cek Resi JNE/JNE Tracking

Ketika kamu memasukan nomor resi untuk dicek, maka akan muncul keterangan status pengiriman. Status pengiriman ini umumnya berupa kode-kode yang tidak semua orang mengerti. Untuk itu, inilah status pengiriman JNE yang mungkin muncul pada paket kamu:

  • On Process artinya sedang dalam proses.
  • Shipment Received by JNE Courier Officer at artinya paket sudah diterima di kantor cabang JNE.
  • Shipment Picked Up by JNE Courier artinya paket sedang diantarkan ke tempat penyortiran oleh kurir.
  • Received at Sorting Center artinya paket sudah diterima di pusat penyortiran.
  • Received at Origin Gateway artinya paket sudah diterima di jalur pengiriman.
  • Received at Warehouse artinya paket sudah diterima di gudang kota tujuan.
  • With Delivery Courier artinya kurir lagi mengantarkan paket ke tempat tujuan.
  • Delivered artinya paket sudah diterima.

Demikianlah informasi yang bisa kami sajikan, semoga kendala kamu saat sedang cek resi JNE telah menemukan solusi. Semoga bermanfaat 🙂

News Feed