Catat, Ini Rahasia Sukses Bisnis Catering

Bisnis93 views

Bisnis catering sekarang ini sangat menjamur karena dapat dibutuhkan untuk berbagai acara. Mulai dari pernikahan, khitanan, pengajian, dan masih banyak lagi. Maka, tidak heran beberapa orang mencoba peruntungan dengan membuka bisnis tersebut.

Namun, sebagai pebisnis tentu akan mendapatkan trial dan error sebelum benar-benar mengalami kesuksesan. Oleh karena itu, penting untuk belajar dari pengalaman orang lain terlebih dulu.

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan rahasia sukses para pebisnis catering agar dapat dipelajari dengan mudah.

7 Rahasia Sukses Bisnis Catering

Meski ada berbagai macam jenis catering, tetapi kita tentu harus menentukan terlebih dulu langkah hingga target pasar yang diinginkan sebelum melakoninya. Berikut ini daftar tips untuk memulai berbisnis di bidang catering agar sukses.

1. Menentukan Jenis Catering

Langkah pertama dalam bisnis catering adalah menentukan jenis katering yang ingin ditekuni. Dengan begitu, Anda akan dengan mudah menentukan target pasar. Misalnya saja ingin membuat katering bekal, maka Anda dapat menjualnya untuk anak sekolah dan orang kantoran.

Sedangkan, untuk katering makanan tradisional dapat digunakan untuk orang-orang yang memiliki acara atau hajatan karena biasanya identik dengan makanan tradisional.

Dengan menentukan jenis katering yang ingin ditekuni, maka mencari target pasar juga akan semakin mudah untuk ditentukan. Selain menentukan target pasar, Anda juga akan lebih fokus dalam proses produksinya karena akan semakin mudah dikerjakan.

2. Menyiapkan Modal

modal tidak hanya berupa uang saja untuk sebuah bisnis. Peralatan masak serta skill juga paling tidak harus dimiliki dalam bidang katering ini. Pastikan juga untuk menguasai berbagai jenis menu yang telah Anda tentukan sebelumnya agar pelanggan tidak bosan.

Karena semakin bervariasi menu makanannya, maka jenis makanan yang dijual akan semakin beragam sehingga dapat menjangkau target pasar lebih banyak.

3. Gunakan Supplier Terpercaya

Pastikan juga Anda menemukan supplier yang dapat bekerja sama dan menyediakan barang maupun bahan makanan terbaik. Karena bahan masakan yang segar merupakan faktor utama sebuah katering memiliki banyak penggemar.

Bisa dibilang bisnis satu ini akan lebih cepat menyebar apabila ditawarkan langsung dari mulut ke mulut sehingga menjaga kualitas merupakan kewajiban nomor satu.

4. Tentukan Nama Brand

Nama brand akan selalu diingat oleh pelanggan, maka ketika Anda membangun bisnis penting sekali untuk menentukan namanya terlebih dulu. Sebisa mungkin buat nama brand semenarik mungkin agar mudah diingat oleh para pelanggan.

Sehingga ketika ada rekomendasi dari mulut ke mulut akan lebih cepat menyebar ke calon customer baru.

5. Promosi di Sosial Media

Cara termudah untuk melakukan pemasaran suatu bisnis baru adalah dengan menggunakan media sosial. Hal tersebut sangat hemat dan praktis karena media sosial mampu membantu Anda untuk menjangkau audience lebih luas daripada promosi secara offline dengan brosur.

Selain itu, di media sosial terdapat fitur iklan seperti Facebook dan Instagram sehingga lebih mudah menjangkau target orang-orang di sekitar Anda.

6. Kelola Keuangan dengan Baik

Selanjutnya agar sukses berbisnis katering adalah dengan mengelola keuangan, terutama alur kas yang ada. Sehingga keuangan bisnis dapat tetap sehat dan stabil.

Usahakan untuk tidak mencampuradukkan keuangan bisnis dengan keuangan pribadi agar usaha Anda dapat berkembang dengan baik.

7. Menggunakan Jasa Pick Up Instan

Apabila Anda belum memiliki kendaraan pribadi untuk proses antar pesan barang dalam jumlah besar, Anda dapat menggunakan jasa pick up instan. Jasa ini tidak hanya berlaku untuk antar kirim barang saja, tetapi juga mengantar pesanan katering.

Contohnya jasa Lalamove.com yang menyediakan multi–stop pengiriman pesan satu kali ke 19 titik pengiriman. Sehingga ongkos yang diberikan juga lebih murah.

Selain itu, kami juga menyediakan berbagai armada pengiriman, mulai dari motor, sedan, MPV, Van Pickup Bak, hingga Pickup Box.

Lalamove sendiri memiliki beberapa cabang di Indonesia seperti Jawa Tengah dan Yogyakarta sehingga Anda dapat dengan mudah menghubungi sewa pick up terdekat.

Bahkan, saat ini Lalamove sedang ada promo khusus untuk UMKM yang telah menjadi mitra bisnis kami. Ada beberapa kode kupon yang bisa Anda dapatkan, yaitu

  1. Kupon Roda 2: LALAYGYWEL2WFEB
  2. Kupon Roda 4: LALASMGWEL4WFEB
  3. Kode kupon LALVJATENG50: memiliki diskon 30% maksimal Rp50 ribu dan minimum order 100KVan & Pick up.
  4. Kode kupon LASVJATENG: Diskon 2 x 30% maksimal Rp20 ribu dengan minimum order 30KSedan & Car.

Menarik, bukan? Yuk, kembangkan bisnis catering Anda bersama Lalamove.com