by

Bagaimana Cara Pengajuan Pinjaman Modal Usaha Secara Online

Bisa memiliki usaha sendiri dan mandiri secara finansial sudah pasti menjadi impian setiap orang terkhusus di Indonesia. Nah, salah satu hambatan utama biasanya dialami oleh para wirausaha adalah soal modal usahanya. Kami hadir untuk Anda agar bisa mengajukan pinjaman untuk modal usaha Anda, secara online!

Menurut Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) bisa dibedakan yang berdasarkan acuan dari besaran kekayaan bersihnya dari mulai paling banyak yaitu Rp50 juta untuk Usaha Mikro, kemudian Rp50 juta sampai Rp500 juta untuk Usaha Kecil, dan yang paling besarnya adalah Rp500 juta sampai Rp10 miliar untuk ini khusus untuk Usaha Menengah.

Dengan cara menyediakan fasilitas pengajuan kredit pinjaman modal usaha ini secara online yang dapat diakses oleh para pelaku dunia usaha di seluruh Indonesia. jika Anda memang benar-benar ingin berpartisipasi dalam mendorong perkembangan kemajuan perekonomian di dunia Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Indonesia.

UMKM menjadi salah satu bagian yang paling penting dari perkembangan perekonomian di suatu negara, begitu juga termasuk dengan Indonesia. Bahkan, UMKM banyak dianggap oleh sebagian besar pelaku usaha UMKM memiliki peranan yang penting dalam laju perekonomian masyarakat di Indonesia.

UMKM selain membantu negara atau pemerintah dalam menciptakan lapangan kerja baru untuk masyarakatnya, lewat sektor usaha ini juga banyak mencipta unit-unit kerja lapangan baru yang menggunakan tenaga kerja baru yang dapat mendukung pendapatan ekonomi rumah tangga.

Jika Anda memang benar-benar membutuhkan modal usaha untuk mendukung bisnis Anda, Anda tidak perlu repot dan ragu lagi. Segera ajukan pinjaman modal usaha untuk bisnis anda. Dengan menggunakan teknologi terkini yang dimiliki, kini Anda tidak perlu repot lagi dalam mencari modal usaha dengan menyertakan plafon dan bunga yang sesuai dengan profil Anda miliki.

Syarat Pengajuan Pinjaman Modal Usaha

Bagaimana syarat pengajuan untuk mendapat pinjaman modal usaha. Berikut ini adalah beberapa kriteria sebagai syarat umum yang harus Anda miliki untuk dapat mendaftarkan diri Anda untuk mendapatkan fasilitas pinjaman modal usaha ini, di antaranya:

  • Warga Negara Indonesia yang masih berdomisili di Indonesia
  • Usaha yang dijalani minimum 2 tahun di lokasi dengan bidang usaha yang dijalani tetap sama
  • Usia minimal peminjaman adalah 21 tahun atau sudah menikah, dan maksimal usia pengembalian adalah 60 tahun saat kredit lunas
  • Anda pastikan belum pernah memperoleh fasilitas kredit atau pernah atau telah memperoleh fasilitas kredit dengan kolektibilitas yang lancar, atau tidak dalam kondisi kredit bermasalah

Dokumen yang harus dilengkapi saat pengajuan pinjaman modal usaha adalah sebagai berikut :

  1. Bukti tanda diri berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) serta Surat Nikah (bagi Anda yang sudah menikah)
  2. Khusus kredit Rp 50 juta keatas dipersyaratkan dokumen yang Anda lampirkan adalah legalitas usaha, seperti: NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan), SKDU (Surat Keterangan Domisili Usaha)
  3. Surat Keterangan Usaha yang diberikan dari Desa atau Kelurahan, Dinas Pasar atau Otorita setempat di mana yang bersangkutan memulai usaha; atau
  4. Memiliki Surat Ijin Usaha
  5. Fotokopi rekening giro atau tabungan 6 bulan terakhir

Berikut ini adalah jenis-jenis pengajuan modal usaha:

  • Kredit KopKar

Pinjaman modal kerja yang diberikan kepada Koperasi Karyawan untuk disalurkan kepada para anggotanya untuk digunakan di berbagai keperluan.

  • Kredit Syariah

Pembiayaan kredit syariah modal kerja, investasi dan trade finance dengan skema Mudharabah dan Murabahah peminjaman modal ini khusus untuk seluruh UMKM. Dan masih banyak lagi jenis-jenis pengajuan peminjaman modal usaha lainnya.

Demikian informasi yang bisa saya berikan mengenai cara pengajuan peminjaman modal usaha secara Online semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk Anda dalam menjalani suatu usaha.

News Feed