by

Apa Yang Terjadi Jika Tidak Ada Internet Selama 24 Jam

Bagaimanapun internet telah menjadi bagian kehidupan manusia, penggunaan internet ada di berbagai tempat dan berasal dari berbagai kalangan. Bahkan internet merupakan sebuah kebutuhan yang berpengaruh dalam segala kegiatan. Hal ini dikarenakan internet dapat memberikan solusi yang tepat untuk berbagi masalah. Secara sederhana, Apa yang pertama kali kamu lakukan setiap bangun dari tempat tidur? Tiap alarm berbunyi, menghela nafas dan mematikannya. Lalu secara otomatis, menyalakan ponsel untuk membaca notifikasi satu persatu yang terlewat saat tidur. Di pagi hari pasti kamu tidak sabar untuk segera mengecek berapa orang yang like postingan kamu kemarin dan apakah ada chat yang harus segera di balas. Ada berita apa saja yang trending dalam semalam. Melakukan cek notifikasi memang seperti memberikan energi untuk kita bangkit dari tempat tidur. 

Tanpa disadari hidup kita sangat bergantung pada internet, Sebagaimana kenyataan saat ini yang serba digital, seperti online shop, media sosial, aplikasi messenger, mesin pencari, transportasi online, dan lain – lain. Pertanyaannya, apa yang akan terjadi jika internet mati dalam satu hari? Untuk menjawab hal itu, Yuk simak ulasan di bawah ini!

Nah, inilah yang akan terjadi 

  1. Melambatnya proses informasi dan komunikasi

Tanpa adanya Internet, kita tidak akan lagi memiliki akses ke berita atau informasi secara real-time tentang apa yang terjadi di dunia. Jejaring sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, Whatsapp, dan sebagainya akan hilang dan penggunanya harus mencari cara lain untuk terhubung dengan seseorang. Apalagi menurut internetworldstats dan katadata, pengguna internet di Indonesia mencapai 212,35 juta jiwa pada maret 2021 dan dari jumlah tersebut Indonesia berada di urutan ketiga dalam pengguna internet terbanyak di Asia.

Sumber: Internetworldstats.com

Sedangkan pada urutan pertama, terdapat Tiongkok dengan pengguna terbanyak mencapai 989,08 juta jiwa dan urutan kedua adalah India. Secara keseluruhan, pengguna internet di Asia mencapai 2,77 miliar dari total populasi 4,33 miliar jiwa. Jumlah pengguna internet dari Asia mencapai 53,4% dari total pengguna internet di seluruh dunia. Tentunya dari fakta tersebut, akan sangat berdampak pada seluruh negara dan berbagai kalangan jika internet akan benar – benar hilang dalam satu hari. 

  1. Aktivitas Bisnis Mengalami Kemunduran 

Saat ini, banyak perusahaan dan aktivitas bisnis yang sangat mengandalkan internet dan kemampuannya. Ketika internet menghilang, tentunya produktivitas perusahaan akan terganggu dan menyebabkan perusahaan kehilangan pemasukan. Terutama hal ini akan berdampak buruk bagi perusahaan berbasis internet seperti perbankan online, E-Commerce, Google, dan sebagainya. Selain itu, dengan ketiadaan internet akan menghambat perusahaan untuk mengelola database, akses ke dokumen dan data – data penting akan hilang.

© Peter Sucheski
  1. Ketersediaan Makanan Terganggu

Ternyata, internet juga sangat berpengaruh pada industri makanan, terutama dalam bidang retail. Internet sangat berguna untuk memberikan informasi persediaan barang di gudang dan supermarket. Kemudian, dengan hilangnya internet juga akan berpengaruh terhadap industri pengiriman barang. Hal ini tentunya akan menyebabkan kepanikan secara massal.

© Peter Sucheski

Kesimpulan

Internet telah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari, dan bahkan gangguan terkecil pun akan berdampak. Oleh karena itu, untuk mendapatkan kepastian internet setiap hari selama 24 jam kamu bisa mengandalkan layanan ASTINet dari Telkom. Dengan layanan ASTINet, kamu akan mendapatkan kecepatan cepat yang konstan untuk berbagi data, gambar, atau bahkan video berukuran besar. Fitur ASTINet dilengkapi dengan jaminan ratio bandwidth 1:1 sampai ke titik referensi sehingga Anda juga dapat secara fleksibel menambah kapasitas seiring pertumbuhan bisnis Anda.