5 Cara Ampuh Kuliah di Luar Negeri Secara Gratis

Study47 views

Hampir semua pelajar ingin menikmati belajar di luar negeri secara gratis atau tanpa biaya apapun. Bahkan bila perlu ingin kuliah dimana biaya hidup, penelitian, dan yang lainnya ditanggung oleh pihak tertentu. 

Untuk bisa mendapatkan kuliah gratis seperti ini salah satu caranya bisa memilih layanan BCA Study. Di layanan ini ada cukup banyak beasiswa yang bisa dipilih oleh dan sudah populer di berbagai negara. 

Selain beasiswa ada juga cara lain dimana pelajar bisa belajar secara gratis di luar negeri. Untuk itu bagi kamu yang punya keinginan untuk belajar secara gratis bisa membaca artikel ini hingga akhir. 

Cara Terbaik Kuliah Gratis di Luar Negeri

Bagi kamu yang ingin belajar secara gratis di luar negeri maka bisa memilih dari beberapa cara berikut:

Beasiswa Pemerintah

Cara terbaik belajar di luar negeri secara gratis bisa memilih beasiswa dari pemerintah. Jenis beasiswanya bisa dari pemerintah Indonesia atau pemerintah di negara lain. 

Untuk beasiswa pemerintah Indonesia umumnya memberikan fasilitas berupa biaya kuliah, tiket pulang dan biaya hidup. Sedangkan untuk beasiswa di negara lain bisa di cek pada situs kedutaan negara tujuan. 

Beasiswa pemerintah Indonesia atau negara lain umumnya memberikan syarat tertentu kepada para penerimanya. Hal yang paling jelas biasanya skor TOEFL atau IELTS harus tinggi. 

Kuliah Lewat Riset

Bagi kamu yang ahli dalam melakukan penelitian maka bisa diasah kemampuannya agar punya kemampuan di bidang riset. Ada banyak beasiswa yang diberikan kepada orang yang ahli di bidang itu. 

Umumnya beasiswa ini lebih banyak ditujukan ke mahasiswa S2 yang mau melanjutkan studi S3. Untuk bisa mendapatkan beasiswa lewat jalur ini seorang mahasiswa harus bisa membuat proposal riset yang sempurna. 

Pastikan proposal menggunakan bahasa Inggris, bahasanya menarik dan ada stempel universitas tempat menimba ilmu ketika S2. Dengan cara ini kesempatan untuk dapat beasiswa cukup besar karena peminatnya terbilang sedikit. 

Beasiswa Seni dan Olahraga

Bagi kamu yang kurang dalam hal akademis tidak perlu patah semangat karena ada juga beasiswa selain bidang tersebut. Pihak tertentu ada yang membuka beasiswa non akademis baik di bidang olahraga, seni dan yang lainnya. 

Dengan kemampuan tersebut, banyak pelajar yang mendapatkan beasiswa ke Amerika, Asia hingga Eropa. Di negara tersebut para pelajar mendapatkan beasiswa full gratis sekaligus pengembangan bakat di bidang tersebut. 

Beasiswa Perusahaan Swasta

Beasiswa bukan hanya datang dari pemerintah tetapi ada beberapa perusahaan swasta yang ikut andil dalam program pendidikan ini. Misalnya PT Djarum yang membuka lowongan bagi mahasiswa untuk kuliah di dalam dan luar negeri secara gratis. 

Selain Djarum juga ada beberapa perusahaan swasta yang memberikan beasiswa kepada para pelajar. Untuk bentuknya ada perbedaan mulai dari menanggung sebagian biaya kuliah hingga full termasuk biaya hidupnya. 

Pinjaman Uang Kuliah

Opsi lain untuk kuliah secara gratis bisa juga dengan mengambil program student loan atau pinjaman uang kuliah. Program ini tentu dikhususkan bagi pelajar yang punya kemampuan IQ tinggi dan cukup berisiko. Untuk pinjaman ini nantinya bisa dibayarkan ketika sudah lulus dan mendapatkan pekerjaan. 

Cara-cara di atas bisa kamu coba untuk bisa kuliah secara gratis di luar negeri. Syarat utama untuk bisa kuliah gratis ini para pelajar harus punya kemampuan akademik atau non akademik yang bagus. Hal ini juga ditunjang dengan kemampuan berbahasa asing yang handal.