Anak SMA jadul (Foto: Dokumen Corsaman Kaskus)

Aksi ABG Jogja 80-90an yang Bikin Hehehe

1 Juli 1988 adalah momen di mana anak muda Jogja punya musuh bersama.

BERITA JOGJA – Jogja tahun 1980-1990an punya ABG yang punya kebiasaan asyik dan unik jika dilihat dari kacamata kekinian. Kebiasaan ini bisa dilihat di sejumlah tempat atau jalan populer di Jogja masa itu. Nah ini dia kebiasaan anak muda Jogja tahun 80-an sampai 90an yang bikin senyum-senyum geli.

Poster

ABG Jogja, punya kewajiban buat nempelin poster band favorit. Dua band terfavorit yang ada di tembok kamar ABG waktu itu kalau enggak Duran-Duran ya Bon Jovi. Yang rada tua sedikit majang Motley Crue atau Guns n Roses.

Menyerbu Toko Kaset

31 Juni 1988 selalu diingat sama ABG Jogja. Banyak anak muda yang menyerbu sejumlah toko kaset lalu memborong kaset musik band atau solois idola. Soalnya, di tanggal itu jadi waktu terakhir harga kaset murah meriah, sekitar Rp 2 ribu karena pemerintah mengumumkan tanggal 1 Juli 1988 harga kaset naik dua kali lipat.

Istimewa

Main Ding-Dong di Ramai Mall

Gamers pasti kumpul di Ramai Mall. Mereka main ding-dong dari siang sampai sore pakai koin. Banyak juga yang bolos sekolah main ke sana. Saat ada operasi penertiban, mereka yang bolos biasanya bawa baju ganti. Game yang cukup populer di kalangan ABG waktu itu di antaranya Street Fighter II, 1942, dan Biliar.

Breakdance

ABG Jogja pada jago-jago berakdance tahun 1980-an. Tapi komunitas breakdance ini tampil satu tahun sekali, setiap acara 17 Agustus. Sebelum itu anak-anak mudanya latihan dulu biar enggak malu-maluin pas tampil di perayaan kemerdekaan.

Nyewa Video

Kalau enggak ada kerjaan, ngumpulin teman-teman kelas di rumah lalu nonton film. Filmya disewa dari penyewaan video di Pinokio Jalan Kranggan, Bonanza Jalan Kyai Mojo, atau Tara Indah di daerah Pathuk. Videonya namanya Beta. Sebelum nonton sering beli martabak holand dulu di depan bioskop President.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar

Site Info Site Info