Tugu Jogja dipenuhi anak muda yang lagi selfie. (Foto: Aristides)

5 Hal yang Bakal Dikangenin dari Jogja Saat Mudik

Rasa kangen ke Jogja sering muncul tiba-tiba di waktu yang tak disangka.

BERITA JOGJA – Satu minggu sebelum Idul Fitri ada perasaan ingin cepat pulang kampung. Kumpul bareng keluarga, puasa, sahur, dan buka bersama dengan makanan yang dibuat orang rumah. Begitu juga perasaan sebagian besar mahasiswa, pelajar, dan pendatang di Jogja. Satu minggu sebelum lebaran mereka sudah cabut dari Jogja ke rumah masing-masing.

Tapi saat di rumah bayangan Jogja muncul terus di kepala sampai bingung kenapa rasa kangen ke Jogja muncul di tengah-tengah kumpul sama keluarga. Nah lima hal yang ada di Jogja ini biasanya bikin kangen akut meski baru sebentar di rumah.

Tugu Jogja (Foto: Jatu Raya)

Tugu Jogja (Foto: Jatu Raya)

Warung Kopi

Jogja banyak warung kopi enak lho. Ada Hestekkopi, Dongeng Kopi, Samadengan, Warkop Lidah Ibu, dan banyak lagi yang lainnya. Apalagi warung kopi di Jogja banyak yang dipersenjatai wifi kencang. Saat di rumah, kebiasaan menyeruput kopi sambil internetan sepuasnya seperti di Jogja memang masih ada tapi serasa kurang nikmat. Inilah yang bikin kangen apalagi kalau di kampung halaman enggak ada warkop secanggih di Jogja.

Warung Lesehan

Selama lebaran makanan wajib yang ada di meja makan biasanya ketupat, lontong, opor, sambal hati, dan sayur nangka. Nah pas makan bareng keluarga, pasti bakal teringat budaya “prihatin” ketika kuliah atau sekolah di Jogja. Makan seadanya di angkringan dan warung lesehan dengan nasi, lalapan, dan telur goreng. Momen di mana rasa itu nomor dua setelah kenyang.

Pacar

Punya pacar orang Jogja itu nikmat tak terdustakan. Bisa numpang makan di rumah mertua kalau duit habis atau sekadar ngeteh sore hari di teras rumah pacar. Tapi kalau masih berstatus ‘pacar’ saru rasanya dibawa ke kampung halaman lalu dikenalkan pada orang tua dan keluarga besar. Nah saat kumpul keluarga mungkin bakal ada yang nyeletuk, “pacarnya siapa sekarang?” pertanyaan itulah yang bikin kamu langsung kangen sama Jogja dan pacarmu di teras rumahnya.

Macet

Semacet-macetnya Jogja sekarang masih bisa bisa dihadapi. Banyak jalan tikus yang bisa dipakai saat jam-jam macet dan tidak akan membuatmu terlambat menepati janji. Kalau di kampung masing-masing kena macet, pasti bandingin sama Jogja dan secara enggak langsung bikin kangen suasana klakson satu detik jelang lampu hijau menyala.

Bola

Suporter tim sepakbola klub di Jogjakarta ini pancen oye. Di Sleman, Kota, atau Bantul semuanya bikin stadion bergemuruh. Ada rasa kangen yang muncul teriak bareng-bareng teman suporter mendukung tim kesayangan.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar

Site Info Site Info