Ada Mick Jagger di Yogya Annual Art 2017

Oleh Jatu Raya,

Mick Jagger turut meramaikan salah satu event seni di Jogja, Yogya Annual Art 2017.

Pameran Seni Rupa Yogya Annual Art yang digelar di Bale Banjar Sangkring, Nitiprayan, Bantul kian ramai. Banyak pencinta seni yang kepincut dengan karya lukis dan isnstalasi dalam pameran yang bakal berakhir 19 Juni 2017 nanti.

Lukisan Mick Jagger "Rock Star". Karya Ateng

“Rock Star” karya Ateng.

Salah satu lukisan yang membuat banyak pecinta seni tertarik ke sana adalah karya rupa ‘wajah’ yang selama ini jadi kekhasan perupa I Nyoman “Ateng” Adiana. Berjudul “Rock Star” dalam karyanya ini Ateng sukses menganvaskan wajah musisi besar rock’n roll: Mick Jagger. Seperti karyanya yang lain, Ateng sukses mengungkap karakter sekaligus spiritual sosok yang diangkatnya.

“Mick Jagger tidak bisa menyembunyikan kekesalan terhadap usia. Matanya bicara begitu di lukisan ini. Kami banyak menangkap tentang Mick Jagger dalam tulisan ini, tapi enggak mampu mengungkapkannya. Hmmm, cukup rumit juga pengerjannya sepertinya,” komentar Lotus Yong, penikmat seni rupa asal Beijing.

Ada pula karya unik yang menangkap respon manusia terhadap alam yang kerap muncul melalui “Sunshine” karya Suharmanto. Sosok anak kecil bertelanjang dada melindungi matanya dari silau matahari namun respon itu berbahaya lantaran si anak memegang pensil.

Anak Kecil Bertelanjang Dada, "Sunshine" karya Suharmanto.

“Sunshine” karya Suharmanto.

Adapun Yogya Annual Art digagas oleh tiga seniman murni yaitu Putu Sutawijaya, Yuswantoro Adi, dan Samuel Indratma. Ide ini muncul sudah sekitar lima tahun lalu namun baru terealisasikan pada tahun 2016 kemarin. Tahun ini pun jadi perayaan kedua di Jogja dan diikuti puluhan perupa canggih.

Yogya Annual Art adalah simbol dari keprihatinan -sekaligus kepedulian, di zaman seni rupa yang dianggap serba kontemporer- terhadap karya dua dimensional yang mulai tersingkir di event–event besar di Jogjakarta.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar

Site Info Site Info