Pameran Seni Rupa Jogja Smart City: Memanusiakan Lagi Para “Robot”

Oleh Jatu Raya,

Refleksi pemikiran ini diinisiasi oleh beberapa perupa yang tergabung dalam Blendang Blendung Art Studio dan perupa-perupa muda di Jogja

BERITA JOGJA –  Hidup sudah serba digital. Mudah, cepat, dan praktis. Teknologi dipercaya menyelesaikan masalah dalam lingkungan sosial. Pandangan mata keseharian di Jogja: kemacetan, keamanan, kebersihan, dan keamanan diserahkan pada teknologi demi menuju label “Joga Smart City”. Adalah efek digital yang menjadi landasan perlunya kecepatan penyelesaian masalah. Kota dibenahi manusia belakangan. Sayang, solusi seperti ini bakal menghasilkan masyarakat yang tidak akan menemui kesadaran absolut namun hanya setengah sadar lalu menyerahkan kesadaran lain pada tenologi.

Smart City seharusnya bukanlah sekedar konsep yang diartikan secara mentah dan sederhana oleh pembaca ataupun pelaku tetapi harus mampu dimaknai secara cerdas. Smart people dan smart living merupakan unsur penting dari smart city. Ketika smart city diibaratkan sebagai manusia, ia memiliki roh yang tidak bisa terlepas dari zat penyusunnnya yaitu manusia dan karakter kota yang tercermin dalam lingkungan termasuk kebudayaannya. Saat ini, penyerahan pada teknologi membikin banyak manusia laiknya robot yang hidupnya-secara terus menerus-disetel laiknya robot.

Smart City harus diawali dan tidak dapat terlepas dari manusia yang terudaksi. Kota yang cerdas harus dibangun dari masyarakat yang juga cerdas dan bijaksana. Perkembangan teknologi membantu memudahkan hidup manusia, meningkatkan perkembangan ekonomi, dan komunikasi sosial yang luas dan cepat. Manusia harus turut serta memperbarui diri sebagai pribadi cerdas dan bijaksana agar tetap mampu menjaga keseimbangan, mengikuti perkembangan zaman dengan menjaga kewarasan dan kesadaran sebagai manusia merdeka.

Ilustrasi Robot (istimewa)

Ilustrasi Robot (istimewa)

Demikian keyakinan para anak muda penggagas pameran seni rupa “Smart City” di Taman Budaya Yogyakarta (TBY) 17 April nanti. Keyakinan bagaimana seharusnya memanusiakan manusia adalah tentang kesadaran akan keberadaan hidup bersama makhluk dan fenomen lainnya. Seni rupa, adalah salah satu cara bagaimana menghadirkan kembali ruang refleksi itu pada tiap individu yang kini melabeli diri sebagai masyarakat urban. Buat mereka yang sudah lupa bahwa ada hal lain yang jauh lebih penting dari menyelesaikan persoalan pandangan mata.

Menghadirkan sawah di tengah kota yang kian digital menjadi daya refleksi tentang harga kemanusiaan baik yang akan mereka tuangkan dalam karya instalasi dan karya video art berjudul “Terlahir sebagai mayat” di pameran nanti. menekankan aspek sosial manusia yang semakin tidak ber‘ruang’. Instalasi sawah dalam pameran menjadi sebuah refleksi akan ruang yang semakin sesak dan terhimpit, sehingga menghadirkan instalasi sawah di dalam gedung menjadi bentuk ‘sentilan’ akan keprihatinan ruang yang kini mulai terjajah oleh kecanggihan.

Refleksi pemikiran ini diinisiasi oleh beberapa perupa yang tergabung dalam Blendang Blendung Art Studio dan perupa-perupa muda di Jogja. Pameran Seni Rupa ini diikuti 20 perupa : Ahmad Santosa, Greg Susanto, Kadafi GK, Imron Syafii, Karte Wardayat, Jizz-Jazz, Sri Pramono, Andi Hartana, Judi Bagong, Ika Umi Hayati, Robet Kan, Tatang Maruto, Ambar Pranasmara, Joko Gundul, Made Toris M, Rudy Mardyanto, Yayat Surya, Meistori Ve, Sujianto, dan Yundhi Pra.

“Semoga melalui Visual Art Exhibition SMART CITY yang berkerjasama dengan Dinas Kebudayaan Jogjakarta dapat membawa kesegaran tentang pemaknaan Smart City sehingga Jogja yang maju tidak hanya karena perkembangan teknologinya saja, tetapi dapat menyeimbangan dua dimensi yaitu manusia dan teknologi tanpa meninggalkan kebudayaan yang ada.” timpal Yundi Pra sebagai Ketua Pelaksana Pameran.

Pameran seni rupa ini akan didampingi dengan Bazaar Buku “Smart City” dengan konsep yang menarik dan berbeda. Pembukaan pameran akan dibuka oleh GBPH Prabukusumo lalu dimeriahkan pertunjukkan spesial: Wayang Kulit Walisongo Reborn, Sri Krisna, dan Akar Pijar.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar

Site Info Site Info