Gesik Kanggo Panguripan: 11 Tahun Perlawanan PPLP Kulon Progo

Oleh Jatu Raya,

Perlawanan PPLP Kulon Progo masih meluncur kencang di tahun ke-11 ini.

BERITA JOGJA – 11 tahun sudah Paguyuban Petani Lahan Pertanian (PPLP) Kulon Progo berjuang mempertahankan dan melindungi lahan pertanian dari rencana tambang pasir besi dan segala bentuk penggusuran. Banyak peristiwa dan orang-orang berani yang merelakan banyak waktu, tenaga, dan materi agar selalu berdiri paling depan mempertahankan kebenaran di Kulon Progo.

Tahun ke-11 ini perlawanan masih ada. Masih meluncur kencang laiknya longboard dari lereng Merapi ke Kentungan. Perlawanan pun patut dirayakan bersama lewat banyak kegiatan. 1 April mendatang PPLP mengundang seluruh masyarakat di Jogjakarta merayakan 11 tahun perlawanan mereka lewat banyak kegiatan.

Poster 11 tahun PPLP Kulon Progo (Poster: PPLP)

Poster 11 tahun PPLP Kulon Progo (Poster: PPLP)

Perayaan bertajul “Gesik Kanggo Panguripan” dimulai Sabtu (1/4) malam mulai pukul 19.30 WIB dengan Mujahadah yang dilanjutkan pemutaran film PPLP-KP agar mengembalikan kembali ingatan perlawanan bagi mereka yang lupa dan nyaman di kota.

Pagi hari tanggal 2 April, kegiatan dimulai dengan Kirab Gunungan Hasil Bumi. Bayangkan andai saja tak ada perlawanan dari PPLP, masih adakah hasil bumi yang bisa dikirabkan. Setelah Kirab acara dilanjutkan dengan orasi solidaritas dan ditutup panggung musik.

Panggung musik diisi para musisi penyebar semangat semangat baik: Sisir Tanah, Agoni feat Peni, Predator, Deugalih, Shoppinglist, Morgue Vanguard, Kota dan Ingatan, Iksan Skuter, Kepal SPI, Dendang Kampungan, Teknoshit, dan Batman cabang Jogja.

Panjang umur perlawanan!

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar

Site Info Site Info