Pameran Karya Dapur Kampung Halaman Sajikan Keintiman Rumah Tangga

Oleh azkamaula,

Pameran akan membawa penikmat seni merasakan keintiman rumah tangga yang bisa dilihat dari berbagai kisah di dapur masing-masing.

BERITA JOGJA – Yayasan Kampung Halaman (YKH) Jogjakarta menggelar Pameran dan Diskusi Ruang Karya “Dapur” di halaman kantor mereka di Dusun Krapyak, Wedomartani, Sleman, Sabtu (26/11) nanti. Ada enam karya individu dan satu karya kelompok anak muda hasil kurasi dari sekitar 20-an karya yang dikirimkan dalam program Open Submission berupa tulisan, foto, lukisan, dan sketsa bertema “Dapur” sejak Oktober 2016 lalu.

Karya yang dimaperkan adalah milik Bastian Arif Wicaksana (Lamongan), Dwi Sismayanti (Tulungagung), Faiz Dila (Klaten), Ika Yuliana Nasution (Banda Aceh), Nurina Susanti (Magetan), Refinanda (Bangka Belitung), dan Kelompok Remaja Tampara, dari Wakatobi (Santi Kartini, Aslinda, Sri Hartanti). Karya-karya mereka bakal membawa penikmat seni merasakan keintiman sebuah rumah tangga yang bisa dilihat dari berbagai kisah di dapur masing-masing.

Poster pameran Dapur (Dokumen YKH)

Poster pameran Dapur (Dokumen YKH)

“Sebelum memamerkan karya, mereka ini sudah mempresentasikan karya ke kurator dan tim YKH. Keren-keren karya mereka ini. Paling muda usia 14 tahun dan yang tertua sekitar 24 tahun, udah bisa bikin karya yang ajaib seperti itu. Pembukaan pamerannya mulai jam tujuh malam di halaman YKH dan akan ditutup 4 Desember 2016. Ayo pada apresiasi karya anak muda ke pameran sambil ngopi-ngopi di YKH,” kata Yusuf Safary mewakili YKH.

Sebelum pembukaan, YKH juga menggelar diskusi karya di YKH pada sore hari sekitar pukul 15.00 WIB. Dalam diskusi bakal dikupas habis tentang karya “Dapur”, mulai dari penemuan ide sampai finishing. Citta Tresnati akan bertindak sebagai moderator dengan penanggap diskusi Dholy Husada, DR. Suzie Handayani, FJ Kunting, Hamada Adzani, dan Hendra Himawan.

YKH merupakan yayasan yang selalu memberi ruang pada karya anak muda. Meski berpusat di Jogja, gerakkan mereka tidak terbatas geografis. Di Wakatobi misalnya, YKH jadi pembina ruang karya bagi anak usia sekolah dasar dan remaja dalam pengembangan karya. YKH juga kerap jadi tempat pertemuan karya dan kreatifitas para seniman muda dari seluruh pelosok negeri, mulai dari gerak, rupa, sampai musik.

Salah satu event YKH adalah Selamat Pagi. Sejak kali pertama digelar di Lembah Dusun Krapyak, Wedomartani, Sleman tahun lalu, event ini jadi ruang pertemuan mesra antara seni rupa, gerak, tari, dan musik para anak muda Jogja. Selamat Pagi dihampar di ruang terbuka dengan panggung teduh di bawah pohon bambu dan sungai di sisi-sisinya juga diramaikan karya kreatif anak muda dan warga sekitar di bidang kerajinan sampai masakan.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar

Site Info Site Info