Seliged: Sepeda Istimewa dari Jogja

Oleh azkamaula,

Menggunakan tenaga listrik, Seliged juga bisa dikayuh layaknya sepeda pada umumnya.

BERITA JOGJA – Jogja punya anak-anak muda yang penuh ide gila di dunia kustom. Wiwin Vegas contohnya dengan idenya membuat sepeda listrik gede (Seliged). Selain menggunakan tenaga listrik, Seliged juga bisa dikayuh layaknya sepeda pada umumnya.

Seliged dibangun dengan menambahkan aluminium stainlish, dinamo, baterai lithium berkekuatan 48 volt 12 amphere, ban setengah pakai motor Harley Davidson beserta velg, ban dan velg sepeda biasa, serta sejumlah aksesoris lampu dan kabel.

Saat membuat Seliged ini, Wiwin dibantu oleh tiga orang kawannya. Pertama, ia membuat rangka sepeda. Bahan aluminium stainless dibengkokkan dan disusun sesuai dengan kerangka sepeda yang didesain mirip motor gede jenis chooper. Setelahnya Wiwin memodifikasi velg motor Harley Davidson dengan jari-jari sepeda. Dan terakhir penyusunan komponen sepeda listrik.

Seliged buatan Wiwin Vegas (Foto: Dok Cahyo)

Seliged buatan Wiwin Vegas (Foto: Dok Cahyo)

“Semua kami bangun sendiri. Kita custom sendiri. Awal pembuatan Seliged membutuhkan waktu hingga 1,5 bulan. Termasuk tahap perencanaan dan tataran teknis. ,” kata Wiwin.

Wiwin menambahkan bahwa Seliged karyanya ini memiliki sejumlah kelebihan. Pengendara sepeda tidak akan lelah mengayuh karena sepeda dibantu oleh baterai bertenaga 12 amphere. Dengan kekuatan baterai itu, sekali isi Wiwin memerkirakan bisa digunakan selama tiga jam dan bisa menempuh jarak 35 kilometer.

“Kendati listrik tapi tetap bisa mengayuh. Juga hemat baterai. Terakhir, saya dan sepeda ikut pawai budaya di Bantul, beberapa waktu lalu,” pungkasnya.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar

Site Info Site Info