Awas! Konspirasi di Balik Tudung Saji Jogja

Banyak praktek jahat di balik pangan yang kita nikmati saat ini.

BERITA JOGJA – “Konspirasi di Balik Tudung Saji” jadi tema gelaran Food Bike yang diinisiasi Komunitas Food For Nation bersama Himpunan Mahasiswa Peduli Pangan Indonesia (HMPPI) dan Komunitas Jogja Berkebun. Tema even yang akan digelar di Fakultas Teknologi Pertanian, Minggu (16/10) adalah simpulan dari film dokumenter garapan sutradara pemenang Emmy Award, Robert Kenner, “Food Inc”.

Poster Food Bike (Dok.Food For Nation)

Poster Food Bike (Dok.Food For Nation)

“Film dokumenter kontroversial ini berkisah tentang industri pangan amerika serta praktek-praktek jahat yang tersembunyi di baliknya. Dalam gelaran itu akan kami putar dan pengunjung akan diajak menyaksikan sama-sama. Sengaja kami pilih tema itu agar anak muda tahu kondisi ketahanan pangan dunia, dan Indonesia,” jelas Anang Fatif, Public Relation Food For Nation.

Food Bike akan dimulai pukul 07.00 WIB dan dibagi dalam dua cara besar, yaitu Sego Hangad (Sepeda Kanggo Hari Pangan Sedunia) dan Jagongan (Jarang-Jarang Ngomongin Pangan). Kegiatan Sego Hangad dimulai dengan bersepeda bersama dari meeting point (Fakultas Teknologi Pertanian, UGM) menuju titik nol kilometer Jogja. Saat di titik nol kilometer akan dilakukan orasi serta aksi bagi pangan lokal yang telah dipersiapkan sebelumnya. Sejumlah kurang lebih dua ratus bungkus pangan lokal disiapkan untuk dibagikan kepada pengguna jalan di jantung kota Jogja itu.

“Setelah itu kegiatan Jagongan digelar di ruang R-105 Gedung Baru Fakultas Teknologi Pertanian UGM. Kegiatan rutin Komunitas Food For Nation kali ini berupa diskusi dan bedah film Robert Kenner,” sambungnya.

Ada juga diskusi tentang Industrialisasi pangan melalui sudut pandang akademisi, petani, dan konsumen. Pematik dalam diskusi terdiri dari orang-orang yang berpengalaman dan mumpuni di bidangnya. Ada Dr. Ir. Supriyadi M.Sc, dosen FTP UGM, pakar regulasi pangan. Muhammad Yusuf Maguantara, pemilik Martani.organic, distributor produk-produk organik dari petani-petani di Jogjakarta dan sekitarnya sekaligus pendiri Koalisi Rakyat untuk Kedaulatan Pangan. Diskusi yang mengundang komunitas serta individu pegiat pangan ini akan dimoderatori Fahmi Irfan yang merupakan salah satu founder Komunitas Food For Nation.

Menu makan siang yang disajikan berupa nasi merah dari petani Kebumen dan Gudangan yang menggunakan sayuran organik yang dipetik sendiri dari kebun Kemunitas Jogja Berkebun. Panitia mengusahakan produk-produk lokal dan organik yang menjadi bahan baku seluruh konsumsi di rangkaian kegiatan Food Bike ini. Selain itu peserta dapat membawa pulang sayuran organik dari booth “Food is Free” Komunitas Jogja Berkebun.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar

Site Info Site Info