FKY

Kisah Hidup Jen Shyu Buka Paperu (ng)impi(an) FKY 28

Ia membaca nada laiknya mantra, menyanyikan tembang khusyuk lalu mengakhirinya dengan meniup angin ke kanan dan kiri panggung.

BERITA JOGJA – Aksi teatrikal Jen Shyu secara resmi membuka gelaran Pameran Perupa Muda (Paperu) Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) ke-28 di TBY, Senin (29/8) malam. Aktris, instrumentalis, komposer musik, sekaligus penari itu menyajikan kisah hidupnya melalui penampilan yang indah.

Sorot lampu remang menemaninya selama pertunjukan di depan ratusan pasang mata pengunjung Papera. Ia membaca nada laiknya mantra, menyanyikan tembang khusyuk lalu mengakhiri pembuka teaterikal dengan meniup angin ke kanan dan kiri panggung. Dengan gaun berwarna putih, Jen Shyu anggun mengantar kisahnya.

Jen Shyu ketika tampil di pembukaan Paperu (Foto: Cahyo Purnomo Edi)

Jen Shyu ketika tampil di pembukaan Paperu (Foto: Cahyo Purnomo Edi)

“Ini adalah sebagian kisah hidup saya yang lahir di Timor Timur, lalu merantau ke Jawa, Taiwan, dan sekarang tinggal di Korea,” katanya di depan pengunjung.

Jen Shyu dikenal sebagai aktris yang kerap memerankan identitas melalui alat musik atau pakaian yang ia kenakan. Malam tadi pun demikian. Diacaknya kain yang terhampar di lantai panggung lalu dipilihnya yang berwarna merah dan dipakainya hingga menutupi wajah lalu nergerak dengan gemulai dan mulai memainkan Sanjo gayageum (alat musik tradisional korea) sambil duduk.

Permainannya tak kalah memukau dengan gerakkannya. Resonansi yuang keluar dari tiga libang di badan Sanjo Gayageum: matahari, bulan awan, terdengar laiknya suara alam yang menentramkan hari. Pun saat memainkan instrumen Yueqin (gitar bulan) yang keluar dengan indahnya jadi pembuka yang tepat untuk menikmati 27 karya seni para perupa muda di TBY.

“Kain yang saya pakai artinya saya sedang membicarakan Jawa gayageum dan gitar bulan jadi tanda saya pernah ke Taiwan dan Kalimantan. Itu sebagian perjalanan hidup saya,” katanya dengan bahasa Indonesia yang fasih.

Rencananya, pameran 27 karya seniman muda itu akan berlangsung hingga 5 September nanti.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar

Site Info Site Info