4 Jenis Share Post Medsos yang Bikin Netizen Cemas, Takut, Sampai Jengkel

Oleh Jatu Raya,

Berikut ini empat jenis share post di media sosial yang bisa bikin netizen cemas, takut, jengkel, sampai paranoid

Hoax

Busana Agnes Monica yang bertuliskan Arab dipelintir orang tak bertanggung jawab. (Foto: Istimewa)

Busana Agnes Monica yang bertuliskan Arab dipelintir orang tak bertanggung jawab. (Foto: Istimewa)

Share berita Hoax atau bohong sering sekali berkelindan di media sosial. Pihak-pihak tertentu kemudian membantu share tanpa diperiksa lebih dulu kebenarannya. Seperti kasus Agnes Monica kemarin yang kostum panggungnya disemati tulisan arab. Banyak yang langsung percaya kalau tulisan arab itu bentuk pelecehan terhadap agama lalu meresponnya dengan emosi. Padahal, setelah ditelisik, tulisan arab di banu agnes itu tidak melecehkan sama sekali.

Situ Haram, Bung

Share post lainnya yang membikin netizen kerap menemui kecemasan hingga kejengkelan adalah tentang tudingan haramnya perilaku manusia. Ini sering terjadi ketika hari-hari keagamaan atau hari nasional. Momen kritis itu sering sekali muncul share post berisi larangan untuk mengucapkan selamat pada masyarakat yang merayakan hari besar keagamaan di luar agama mayoritas.

Situasi ini sering sekali membuat netizen gamang dalam menentukan sikap. Ada yang bersuara positif ada pula dengan tone negatif yang akhirnya menimbulkan perdebatan tak berujung. Emha Ainun Najib, atau yang akrab disapa Cak Nun sendiri sempat mengemukakan pandangannya soal hal ini (Baca: Mengucapkan Selamat Natal Itu Bentuk Kemesraan)

“Kalau kita masuk kandang kambing apakah kita menjadi kambing? Kalau kita bilang ’embeeek’ apakah kita menjadi kambing? Tidak kan?,” sindirnya saat turut membuka Perpustakaan Jogjakarta beberapa waktu lalu.

Halaman

1 2 3 4

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar

Site Info Site Info